Wednesday, July 17, 2013

amal yang dapat memasukkanku ke dalam syurga dan menjauhkanku dari neraka

Mu’adz bin Jabal berkata, Aku berkata: “Wahai Rosululloh, beritahukan kepadaku tentang suatu amal yang dapat memasukkanku ke dalam syurga dan menjauhkanku dari neraka.” Nabi sholallohu ‘alaihi wasallam menjawab, “Engkau bertanya tentang perkara besar. Namun sesungguhnya ia mudah bagi orang-orang yang dimudahkan oleh Alloh subhanahu wa ta’ala. Sembahlah Alloh dan jangan menyekutukanNya dengan sesuatu apapun, kerjakanlah sholat, keluarkanlah zakat, berpuasalah pada bulan Romadhon dan tunaikanlah ibadah haji ke Baitulloh.”

Kemudian beliau bersabda, “Inginkah engkau kuberi petunjuk akan pintu-pintu kebaikan? Puasa; sebagai perisai, sedekah; sebagai amal yang menghapuskan kesalahan sebagaimana air memadamkan api, dan sholatnya seseorang di tengah malam.” Kemudian beliau membaca ayat di surah as-Sajadah: 16, “Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdo’a pada Tuhannya dengan harap-harap cemas, dan mereka menafkahkan sebagian dari rezeki yang kami berikan kepada mereka.”

Kemudian beliau bersabda, “Maukah engkau kuberitahu tentang pokok urusan, tiang dan mahkotanya? Saya menjawab, “Mau, wahai Rosululloh.” Rosululloh sholallohu ‘alaihi wasallam bersabda, “Pokok urusan adalah Islam, tiangnya adalah sholat, dan mahkotanya adalah jihad.”

Kemudian beliau bersabda, “Maukah engkau kuberitahu kunci dari semua perkara itu?” Saya menjawab, “Mau, wahai Rosululloh.” Beliau lalu memegang lidahnya dan bersabda, “Jagalah ini.” Saya berkata, “Wahai Nabi Alloh, adakah kita dihisab atas apa yang kita katakan?” Beliau bersabda, “Semoga kau selamat. Bukankah tidak ada yang menjerumuskan ke dalam neraka selain buah dari ucapannnya?”

(Diriwayatkan oleh Tirmidzi, dan ia berkata, “Hadist ini hasan lagi shohih.”)
 

No comments:

Post a Comment