Tuesday, July 24, 2012

Percayakah anda bahwa negara Arab Saudi yang kaya minyak itu ternyata 60 % rakyatnya menderita kemiskinan?

Percayakah anda bahwa negara Arab Saudi yang kaya minyak itu ternyata 60 % rakyatnya menderita kemiskinan? Innalillahi wa innailaihi roji'uun.

(Muslimpress) - Arab Saudi atau Kerajaan Arab Saudi adalah negara yang terletak di Jazirah Arab. Beriklim panas dan wilayahnya sebagian besar terdiri atas gurun pasir dengan gurun pasir yang terbesar adalah Rub Al Khali. Orang Arab menyebut kata gurun pasir dengan kata Sahara.

60 persen rakyatnya kini hidup di bawah garis kemiskinan. Walaupun negara ini menyandang status sebagai eksportir minyak mentah terbesar di dunia, namun sekitar 60 persen rakyatnya hidup di bawah garis kemiskinan, pernyataan ini dilansir dari media cetak terbitan Riyadh.

Khaled al-Harbi, seorang jurnalis Saudi menulis dalam salah satu artikelnya bahwa Arab Saudi mengantongi sedikitnya 400 milyar USD per tahun. Itu berarti rata-rata gaji warga Saudi seharusnya sekitar 400 USD atau 1.500 riyal.

Sedangkan menurut Syura (Majelis Permusyawaratan Arab Saudi) sekitar 3 juta jiwa atau sekitar 22 persen penduduk Saudi hidup di bawah garis kemiskinan.

Situasi ini membuat para aktivis Arab Saudi geram dan langsung mengkritik Riyadh karena telah menghabiskan uang untuk membeli senjata dari barat, bukan untuk membantu meningkatkan taraf hidup jutaan warga yang masih hidup di bawah garis kemiskinan.

Sekadar mengingatkan bahwa negara Arab Saudi merupakan negara eksportir minyak mentah terbesar di dunia. 90 persen dari total ekspor negara ini adalah minyak mentah.
 

No comments:

Post a Comment