Monday, August 6, 2012

Brigade Media & Dakwah Dalam Dakwah Muqowamah (Bagian Kedua)



Brigade Media & Dakwah Dalam Dakwah Muqowamah 
(Bagian Kedua)

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa Syekh Abu Mushab As Suri dalam bukunya Dakwah Muqowamah menekankan pentingnya keberadaan Brigade Media & Dakwah dalam Seruan Perlawanan Islam Global (Dakwah Muqowamah).

Berikut lanjutan penjelasan beliau dalam buku tersebut, khususnya mengenai tugas-tugas utama sel-sel propaganda dalam Seruan Perlawanan Islam Global (Dakwah Muqowamah).

Menerbitkan buku-buku dan artikel Seruan Perlawanan Islam Global dengan segala cara yang memungkinkan. Berusaha agar seruan ini bisa menyebar di wilayah yang seluas mungkin di mana pun umat Islam berada.

Mempublikasikan apa pun yang dapat membantu umat ini untuk berjihad. Misalnya program pelatihan, persiapan militer, seminar kemiliteran, dan cara-cara perlawanan publik. Kami akan mencoba memfasilitasinya dengan lampiran serangkaian buku dan artikel tentang seruan perlawanan Islam, Insya Allah.

Menerjemahkan artikel, buku, dan program-program perlawanan Islam ke berbagai bahasa utama di masyarakat lokal, seperti bahasa Turki, Urdu, Indonesia, Malaysia, dan bahasa umat Muslim lainnya yang sangat banyak. Ini adalah tugas bagi siapa saja yang menguasai bahasa Arab. Tulisan-tulisan dan artikel ini juga perlu diterjemahkan ke dalam bahasa utama yang bersifat antarabangsa oleh kaum Muslimin, seperti bahasa Inggris, Perancis, Sepanyol, Rusia, dan Jerman. Ini adalah tugas bagi siapa saja yang menguasai bahasa tersebut dan bahasa Arab dengan baik agar dapat menterjemahkan secara amanah. Terutama pemeriksaan terhadap terjemahan nash-nash keagamaan dan fatwa. Sebab, ini merupakan tingkat bahasa yang menuntut pengetahuan dua bahasa. Di samping itu juga tingkat pemahaman yang tinggi tentang nah-nash syar’i dan bahasa khitab keagamaan.

Menerbitkan semua pemikiran yang bisa membangkitkan semangat perlawanan, diantaranya :

Fatwa ulama dahulu dan sekarang tentang jihad melawan musuh dan orang-orang yang membantu mereka dengan segala cara.

Fatwa para ulama dan tulisan-tulisan dari para pemikir Islam yang menganjurkan agar kaum Muslimin menjauhi orang-orang kafir dan orang-orang yang bekerja sama dengan mereka di setiap bidang.

Membuat syair, karya sastra, nasyid, makalah-makalah ilmiah, dan semua bentuk karya ilmiah, sastra budaya, atau seni yang memperluas semangat perlawanan.

Masalah Penting Yang Harus Diperhatikan

Ada dua hal yang harus diperhatikan sebaik-baiknya :

Jangan pernah mengeluarkan pernyataan, tulisan, fatwa, dan karangan, dengan mengatas namakan Seruan Perlawanan Islam Global. Hal ini agar tidak menimbulkan pemahaman yang bertentangan, baik disengaja atau tidak, dengan manhaj seruan ini yang telah ditentukan dan telah dipublikasikan dengan judul Seri Perlawanan Islam Global.

Hal yang perlu dipublikasikan adalah segala sesuatu yang diyakini akan mendukung perlawanan, baik dengan nama pencetusnya, dengan nama umum, atau nama gerakan yang dipilih oleh pembuat gagasan tersebut. Ini persoalan yang sangat penting.

Dalam mempublikasikan literatur, kegiatan, dan fatwa tersebut, meski atas nama pencetusnya, harus tetap istiqamah dengan prinsip-prinsip Seruan Perlawanan Islam Global. Hal yang perlu diperhatikan adalah dasar-dasar aqidah yang berbasis pada aturan perlawanan dan teori-teori metodologi. Semua itu telah dijelaskan dalam dasar-dasar teori politik dan strategi umum yang ditetapkan dalam teori politik serta dasar-dasar lainnya yang ditetapkan dalam seluruh literatur khusus.

Wallahu’alam bis showab!

M Fachry 

sumber: http://www.al-mustaqbal.net/al-mustaqbal-today/355-brigade-media-dakwah-dalam-dakwah-muqowamah-bagian-kedua.html

No comments:

Post a Comment