Saturday, January 26, 2013

perang di BALKAN perdana mentri turki, erdogan berkata : "ALBANIA SAUDARA KITA"

perang di BALKAN
perdana mentri turki, erdogan berkata : "ALBANIA SAUDARA KITA"

Recep Tayyip Erdogan telah mengancam disintegrasi Makedonia dan Balkan jika seluruh hak-hak etnis Albania diabaikan.

Perdana Menteri Turki Erdogan dalam sebuah wawancara dengan saluran negara Turki mengatakan Turki akan mendukung saudara Albania jika perlu dengan pasukan militer. Lebih lanjut ia menambahkan bahwa orang-orang Albania memiliki hak untuk menentukan nasib sendiri bagi pembentukan sebuah negara Albania yang besar, dan bahwa KLA itu bukan organisasi pemberontak Albania teroris tetapi mereka hanya melindungi tanah mereka.

Erdogan telah mengancam disintegrasi Makedonia dan Balkan jika seluruh hak-hak Albania diabaikan. Dia menambahkan bahwa tentara nasional Turki telah siap siaga dan akan membantu Albania untuk membebaskan wilayah Albania. Pernyataan ini telah membuat mentri luar negri Yunani dan Serbia bereaksi tajam.

sumber : http://www.facebook.com/photo.php?fbid=490495334325864&set=a.277400902301976.63692.274795575895842&type=1&relevant_count=1&ref=nf

=========
komeng papamimin :
wahhh wah turki di jaman pak erdogan selalu ikut campur urusan " WILAYAH YANG DULUNYA BAGIAN KESULTANAN TURKI USTMANIYAH" seperti Albania, suriah, irak dll.
beberapa bulan kemarin bashir al assad mengecam erdogan yg merasa dirinya itu adalah seorang kHALIFAH TURKI USTMANIYAH karena selalu ikut campur masalah2 dinegri2 muslim.

kalo turki membantu albania berarti perang balkan yg ke 3 akan di mulai

sebelumnya turki dijaman kekhalifahan/kesultanan ustmaniyah pernah melakukan perang besar didaerah balkan

1. perang balkan pertama tahun 1912
turki ustmaniyah yg dibantu militan muslim bosnia dan albania harus berperang dengan koalisi negara2 balkan seperti yunani., serbia, montenegro, bulgaria dan romania.
hasil perang : turki ustmaniyah KALAH telak, karna dihajar oleh gabungan negara2 balkan, akhirnya wilayah turki ustmaniyah di eropa (makedonia) dicaplok oleh koalisi negara2 balkan.

2. perang balkan kedua tahun 1913
ketidakpuasan bulgaria atas pembagian wilayah yg direbut dari kesultanan turki ustmaniah, lalu Bulgaria pun menyatakan perang terhadap Serbia dan Yunani karena ketidakpuasan pembagian wilayah Makedonia, efek domino dari invasi Bulgaria terhadap Serbia dan Yunani adalah ada pihak yang diuntungkan dalam Perang Balkan Kedua ini, yaitu Kekaisaran Ustmaniyah yang berhasil merebut wilayah yang telah hilang, yaitu Thrace Timur dan sebagian besar Makeonia.
hasil perang : bulgaria meminta perjanjian damai (kalah perang) dan turki ustmaniyah berhasil mererbut kembali sebagian besar wilayahnya dieropa serta disinilah awalmulanya efek "GENTONG MUSIU" yg dimana cikal bakal meletus PERANG DUNIA PERTAMA.

No comments:

Post a Comment