Sunday, August 28, 2011

Patung Emas Terbesar

Malaysia dikenal sebagai negara dengan peradaban melayu yang kental dan dominan dengan peradaban islam. Selain bangsa melayu, di Malaysia juga terdapat banyak penduduk pendatang seperti India, Arab, dan Cina. Akulturasi budaya terlihat berjalan dengan baik di sana. Selain banyak peninggalan kebudayan islam, di sana juga terdapat peninggalan kebudayan hindu, salah satunya adalah kuil dan gua purba yang kini menjadi salah satu kawasan wisata yang populer di Malaysia. Komplek perpaduan gua purba dan kuil Hindu yang menakjubkan ini berada di kawasan komplek bukit kapur Gombak, sekitar 13km dari Kuala Lumpur. Ada tiga buah gua utama di sana, namun yang paling besar, paling megah dan paling populer adalah Gua Kuil yang merupakan tempat untuk memuja Dewa Murugan.
Kompleks kuil dan gua purba yang terkenal sebagai kawasan Gua Batu merupakan salah satu kuil Hindu yang paling populer yang berada di luar India. Untuk sampai di pelataran kuil dan bisa menikmati kemegahan gua dan ornamen kuilnya yang indah, Anda harus mendaki tangga setinggi hampir 100 meter yang terdiri dari 272 anak tangga.
Namun demikian, keindahan komplek Gua Batu ini tak hanya dimonopoli oleh gua-gua dengan kuil yang menakjubkan di atas sana. Di kaki bukit, di bagian pelataran gua, terdapat patung emas Dewa Murugan yang dengan gagah menyambut setiap wisatawan yang hendak mengunjunginya. Patung dewa agung setinggi 42,7 meter ini merupakan salah satu patung tertinggi dan paling mengesankan di dunia.
gua batu malaysia
Selain patung Dewa Murugan, Anda juga dapat melihat-lihat bangunan kuil yang dihiasi patung-patung dewa-dewi serta lukisan dan relief yang menceritakan kisah-kisah menakjubkan agama Hindu, seperti kisah Ramayana dan Dewa Murugan, sang dewa suci di daerah seperti India Selatan, Singapura, Malaysia dan Sri Lanka. Jika berminat untuk mempelajari secara lebih lebih lanjut tentang sejarah dan kisah Gua Batu ini, Anda dapat memanfaatkan fasilitas audio tour yang telah disediakan oleh pengelola tempat wisata.
Selain populer sebagai tempat ziarah bagi umat Hindu, Gua Batu juga populer sebagai tempat untuk climbing, dengan lebih dari 160 titik yang tersebar di seluruh daerah gua ditawarkan bagi peminatnya. Dalam hal ini Anda tidak perlu memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas karena sebagian besar tebing merupakan medan yang ramah pendakian.
Untuk menikmati pesona kuil dan gua suci di Malaysia ini, Anda dapat memanfaatkan kendaraan umum seperti bus atau taksi dari Kuala Lumpur, atau untuk pilihan yang lebih hemat dan sempurna, manfaatkan rute kereta api yang berangkat dari Central Station.duniaberbicara

No comments:

Post a Comment