Wednesday, July 11, 2012

500 Lebih Korban Sebrenica Dikuburkan Ulang


Pemakaman kembali lebih dari 500 jenazah korban pembantaian Srebrenica yang berhasil diidentifikasi berlangsung, Rabu 11 Juli. 

Sebagian besar dari jenazah tersebut digali dari kuburan massal yang tidak diidentifikasi di daerah terpencil dan dimakamkan di pemakaman yang dekat dengan tempat mereka dibunuh. Rasa sakit dan kesedihan yang terjadi pada Juli 1995 di Srebrenica meletus lagi pada Rabu, karena puluhan ribu Muslim Bosnia datang untuk mengubur kembali sanak kerabat mereka yang menjadi korban pembantaian di Srebrenica, The Associated Press melaporkan. Sekitar 30.000 umat Islam menghadiri upacara di sebuah pusat peringatan di Srebrenica mengenang sekitar 8.372 pria Muslim dan anak laki-laki yang dibantai oleh Serbia dalam pembantaian terburuk di Eropa sejak Perang Dunia II.

Para korban telah diidentifikasi melalui analisis DNA, dan sejauh ini 5.325 korban pembantaian Srebrenica dapat diindentifikasi dan dikuburkan kembali dengan cara yang layak.Upacara peringatan hari Rabu disiarkan secara langsung di saluran televisi nasional di seluruh negeri. Pawai peringatan diselenggarakan setiap tahun untuk menghormati orang Bosnia yang tewas dalam pembantaian itu.

Pada awal perang Bosnia pada tahun 1992, Srebrenica adalah sebuah kota berpenduduk mayoritas Muslim dikuasai Serbia. Pada tanggal 11 Juli 1995, pasukan Serbia menyerbu Srebrenica, wanita dan anak-anak dipisahkan dari pria, dan kemudian secara sistematis membantai laki-laki dalam eksekusi massa. Kuburan massal kemudian ditemukan di daerah tersebut. 

Sefika Menakic -yang kehilangan putra dan suaminya dalam pembunuhan massal oleh militan Serbia- ikut hadir dalam pemakaman yang berlangsung sederhana namun emosional.

"Mereka mengatakan di ruang jenazah di Tuzla ditemukan kerangka tubuh, yang satu utuh dan yang satu lagi dengan kaki yang sudah tidak utuh," tuturnya kepada kantor berita Reuters.

Sementara Nezira Basic, yang kehilangan hampir semua saudara prianya dan ayahnya, tidak mampu berdiri terus di atas kedua kakinya.

"Saudara saya sudah pergi, Jusuf, sinar matahari saya," katanya sebelum terjatuh ke tanah sambil meneruskan isaknya, "kenapa, kenapa saya tidak mati." 

Masih banyak jenazah yang belum berhasil ditemukan di berbagai kuburan massal di Bosnia timur.

Tugas untuk menemukan jenazah semakin dipersulit karena beberapa pihak yang terlibat membongkar kuburan massal untuk dimakamkan di tempat lain yang lebih tersembunyi untuk menutupi bukti-bukti kejahatan mereka.

Jenazah yang ditemukan diidentifikasi dengan menggunakan DNA dan dikuburkan kembali di pemakaman dekat monumen peringatan Srebrenica, sekitar 150km dari ibukota Sarajevo.

Dua pemimpin Serbia Bosnia, Radovan Karadzic dan Ratko Mladic, sedang diadili di Mahkamah Kejahatan Perang di Den Haag, Belanda, dan keduanya membantah dakwaan pembunuhan massal. 

[muslimdaily.net/bbs]

sumber : http://muslimdaily.net/berita/internasional/500-lebih-korban-sebrenica-dikuburkan-ulang.html

No comments:

Post a Comment