Monday, April 29, 2013

menjadi Kafir dalam tak sedar

KADANG2 kita tak sedar kan,? jadi jaga lah mulut kita, nauzubillah...moga dijauhkan smua , sebarkan supaya org lain tahu!

Antara contoh-contoh dialog menjadi Kafir dalam tak sedar:

1- Nabi Yusof smart, aku smart lebih sket dari nabi. (jatuh kapir)

2- Tak payah la simpan2 janggut, tak payah nak bersunnah-sunnah, beselerak je muke aku tgk. (jatuh kapir)

3- Zaman nabi mane ade Gillette, sebab tu la ade jambang. (jatuh kapir)

4- Hudud dah tak sesuai zaman ni bro.. (jatuh kapir)

5- Senyum la sket, muke masam je dah macam malaikat mungka nakir dah aku tgk. (jatuh kapir)

6- Sedarlah sikit yang selama ni kerajaan bagi rezeki kat kamu. (jatuh kapir)

7- Aku dah isi borang murtad, tapi tak diluluskan mahkamah la pulak. (jatuh kapir)

8- Erm.. kalo murtad mesti boleh buat maksiat kan? Macam best je.. (jatuh kapir)

9- Aku murtad dah, eh gurau je gurau je... (jatuh kapir)

10- Jika ikut kaedah Islam, maka mundur lah negara kita ni.. (jatuh kapir)


"Barangsiapa MEMPERSENDA, MEMPERMAIN, MENAFIKAN sunnah Rasulullah dan ayat Kitabullah maka dia kafir serta-merta"

- Kitab Fiqhul Akbar: Karangan Imam Syafie.

Bekas CEO Proton Holding Syed Zainal Abidin Syed Mohd Tahir kelihatan bersama-sama memeriahkan Ceramah Pas di Putrajaya

Bekas CEO Proton Holding Syed Zainal Abidin Syed Mohd Tahir kelihatan bersama-sama memeriahkan Ceramah Pas di Putrajaya yang dihadiri oleh Tuan Guru Nik Abdul Aziz, Dato' Paduka Husam Musa dan juga rakan-rakan PAS yang lain...

Kumpulan pemisah tuntut kemerdekaan



Bangkok: Kumpulan pemisah di selatan Thailand semalam berkata, mereka mahukan ‘kebebasan’ dari negara itu dan menyuarakan tuntutan, sehari sebelum rundingan yang bertujuan mengakhiri pergolakan selama sembilan tahun.

Thailand mengadakan rundingan damai rasmi yang pertama dengan wakil Barisan Revolusi Nasional (BRN) di Malaysia sebulan lalu, tetapi serangan yang dituding dilakukan pemisah di wilayah selatan negara itu berterusan. Wakil BRN, Hassan Taib yang muncul dalam kenyataan video untuk mendapat sokongan atas usaha kumpulannya menuntut kebebasan berkata, mereka akan mentadbir kawasan berbilang etnik itu dengan ‘adil’.


“Kita patut mendapat kebebasan. Selepas itu, kita boleh mentadbir (kawasan ini) dengan seadil mungkin,” katanya sambil menambah kumpulan itu bertujuan membawa keadilan dan kemakmuran di kawasan itu.


Rakan setugas Hassan, Abdul Karim Khatib yang muncul dalam satu lagi video berkata, BRN mahu Malaysia yang majoriti penduduknya adalah Islam menjadi orang tengah dalam rundingan itu dan meminta penyertaan pemerhati dari negara lain di rantau itu dan pertubuhan bukan kerajaan. Dia juga menggesa pembebasan semua tahanan.


Ketua Majlis Keselamatan Nasional Thailand, Paradorn Pattanatabut berkata, dia akan bertemu Hassan untuk pusingan terbaru rundingan esok (hari ini).


“Kami sudah mendengar permintaan mereka dan akan berbincang dengan mereka esok mengenai tuntutan itu,” katanya. “Kami katakan dengan jelas sejak Daria Wallagi bahawa rundingan perlu dilakukan mengikut perlembagaan Thailand dan Malaysia hanya bertindak sebagai fasilitator. Saya rasa Malaysia akan menyatakan yang sama kerana ini adalah isu dalaman Thailand,” katanya. - AFP

Tempuling tertusuk mata


Coutinho is a PhD student studying computer grapics (lcg.ufrj.br)Spear went through Bruno Coutinho's left eye (ExtraWorldNews/YouTube)
Brasili: Anda perlu cukup bebal untuk menembak tempuling sepanjang 30 sentimeter ke mata sendiri, tetapi anda pasti amat bertuah kerana masih hidup untuk menceritakan sendiri detik itu kepada orang lain.

Itulah yang dilalui Bruno Bruno Coutinho.


Dia sedang membersihkan alat itu yang sering digunakannya untuk menangkap ikan.

Bagaimanapun, tanpa disengajakan Coutinho, 34, tertekan pemicu alat itu menyebabkan bilah tempuling berkenaan menusuk ke soket matanya. Apabila Coutinho tiba di Hospital Santa Teresa di Rio de Janeiro 10 jam kemudian, doktor di situ kehairanan kerana dia masih dalam keadaan sedar.


Menetap di Petropolis, kira-kira 65 kilometer di utara Rio de Janeiro, Coutinho kemudian menjalani pembedahan selama empat jam bagi membolehkan besi tajam itu dikeluarkan dari matanya.


Lebih mengejutkan, insiden itu tidak menyebabkan otak Coutinho cedera. Namun, pembedahan kedua yang dijalankan gagal memulihkan mata kiri Coutinho.

Sementara itu, Ketua pembedahan saraf Hospital Santa Teresa, Dr Orlando Maria berkata, Coutinho sangat bernasib baik kerana besi tajam itu hanya beberapa milimeter daripada merosakkan semua salur darah penting dalam tengkoraknya. “Objek itu nampaknya menusuk tanpa menyebabkan kerosakan sebarang struktur atau salur darah utama.


“Objek itu juga dapat dikeluarkan dengan selamat,” katanya. Sementara itu, jiran Coutinho berkata, keadaan sangat menakutkan ketika dia mengejarkan kenalannya itu ke hospital. “Biasanya situasi itu hanya dapat anda lihat dalam filem,” katanya ketika ditemui. Sehingga kini, Coutinho masih ditempatkan di unit rawatan rapi tetapi dijangka dibenarkan pulang beberapa hari lagi. - AP

Semua pekerja tinggalkan Kaesong




29 April 2013
Semua pekerja tinggalkan Kaesong
Puluhan kenderaan meninggalkan kompleks perindustrian di zon sempadan di Kaesong.
SEOUL - Kesemua pekerja Korea Selatan di Kompleks Perindustrian Kaesong dijangka meninggalkan kompleks tersebut sepenuhnya pada hari ini selepas Seoul mengarahkan untuk berbuat demikian.

Dipetik Reuters, arahan itu dikuatkuasakan selepas Pyongyang mengeluarkan ancaman baru untuk menutup lebih 120 kilang milik Korea Selatan yang menjadi simbol kerjasama kedua-dua negara sejak minggu lalu.

Jurucakap Kementerian Penyatuan Korea Selatan mengumumkan, seramai 126 pekerja dan 63 trak meninggalkan Kaesong, yang terletak di utara sempadan yang memisahkan Korea Utara dan Korea Selatan.

“Pekerja di kompleks itu jelas menjadi mangsa ancaman Pyongyang sekali gus merencatkan aktiviti ekonomi kedua-dua negara. Kami jangkakan ramai penduduk akan kehilangan pekerjaan,” katanya.

Menurutnya, tindakan tidak adil Korea Utara itu turut menjejaskan pekerja dari aspek kekurangan bekalan perubatan, makanan selepas pelbagai sekatan dilakukan bagi memberi tekanan berterusan.

Situasi di negara itu semakin meruncing apabila Pyongyang menolak untuk mengadakan rundingan dengan Korea Selatan dan sekutunya selepas enggan memenuhi pra-syarat ditetapkan.

Sultan Brunei gagal jual ladang lembu di Australia




29 April 2013
MELBOURNE — Sebuah ladang lembu di Wilayah Utara (NT) Australia milik Sultan Brunei gagal dijual pada satu lelongan minggu lepas.

Harta itu, Willeroo, yang terletak kira-kira 130 kilometer ke barat daya Katherine, merangkumi 17,000 ekor lembu dan 170,000 hektar tanah, demikian menurut satu laporan Australian Associated Press (AAP).

Ejen hartanah Russell Wolff telah menerajui usaha untuk menjual harta itu pada satu lelongan dengan harga A$12 juta pada Jumaat.

Empat orang membida bagi Willeroo dan kesemua mereka adalah warga Australia yang mahu memastikan ladang lembu itu terus dibuka, kata Wolff kepada AAP.

"Kami menjangkakan ia akan terjual, atau sekurang-kurangnya mencapai satu perjanjian, dalam beberapa minggu akan datang," katanya.

Sultan Brunei membeli Willeroo pada 1981 tetapi Wolff berkata dalam tahun-tahun kebelakangan ini, baginda telah menjual ladang-ladang lembu baginda di NT, tetapi masih memiliki Opium Creek, yang terletak 100 kilometer ke selatan  Darwin. - Bernama

"Tangkaplah saya, heretlah saya ke mahkamah" - Dr Mahathir




29 April 2013
Tun Dr Mahathir Mohamad
Tun Dr Mahathir Mohamad
KUALA PILAH - "Tangkaplah saya, heretlah saya ke mahkamah. Saya tetap ulang lagi, (Penasihat DAP) Lim Kit Siang sebagai rasis dan dia memang rasis".

Demikian respons bekas Perdana Menteri Tun Dr Mahathir Mohamad berhubung kenyataan Pengerusi DAP Karpal Singh semalam bahawa pembangkang akan menangkap dan menghadapkannya ke mahkamah kerana mengeluarkan kata-kata hasutan dengan menuduh Lim sebagai perkauman, jika berjaya menawan Putrajaya pada pilihan raya umum ke-13 ini.

Beliau berkata Karpal Singh membuat kenyataan itu kerana mahu menghalangnya daripada menjelaskan dengan lebih lanjut mengenai sikap Lim yang didakwanya rasis.

"Terkejut saya, pucat muka saya (nada menyindir)...fasal Pengerusi DAP Karpal Singh mahu tangkap saya kerana saya mengeluarkan kata-kata hasutan dengan menuduh Penasihat DAP, Lim Kit Siang sebagai perkauman.

"DAP hanya mahu bertanding di kawasan majoriti Cina kerana mereka hanya diterima pengundi di kawasan berkenaan dan tindakan DAP ini ternyata menunjukkan sikap rasis mereka," katanya semasa berucap pada satu majlis di Kampung Padang Jual, Johol, di sini hari ini.

Dr Mahathir mendakwa sekutu DAP iaitu Pas juga bersikap rasis kerana hanya mahu bertanding di kawasan majoriti kaum Melayu terutamanya di Kelantan dan Terengganu.

Katanya ini berbeza dengan Umno dan MCA yang tidak menunjukkan sikap perkauman kerana boleh bertanding di mana-mana kawasan di seluruh negara tanpa mengira majoriti kaum.

Dalam pada itu, Dr Mahathir berkata Menteri Besar Kelantan yang juga Mursyidul Am Pas Datuk Nik Abdul Nik Aziz Nik Mat bersikap hipokrit apabila menunaikan solat Jumaat di Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin di Putrajaya Jumaat lalu kerana mahu meraih undi di sana.

"Dulu Pas kata mereka nak lelong pusat pentadbiran persekutuan Putrajaya tapi sekarang tak mahu lelong pula dan mahu menawan Putrajaya dalam PRU ini...buat la pusat pentadbiran seperti Putrajaya di Kelantan," katanya.

Turut hadir pada majlis itu isteri beliau Tun Dr Siti Hasmah Mohd Ali dan calon BN untuk kerusi Dewan Undangan Negeri (Dun) Johol Abu Samah Mahat. - Bernama

Serangan bom sempena pilihan raya



PESHAWAR, Pakistan 28 April - Serangan bom berlaku di pejabat seorang calon pilihan raya di barat laut Pakistan, hari ini mengakibatkan sekurang-kurangnya lima orang terbunuh dan 22 yang lain cedera.
Polis berkata, kejadian itu merupakan keganasan terbaharu menjelang pilihan raya di negara ini pada bulan depan.
Bom itu meletup di luar pejabat seorang calon Bebas di bandar Kohat berhampiran kawasan Kabilah yang bergolak di sempadan Afghanistan.
Aktiviti keganasan telah mencemarkan kempen pilihan raya umum pada 11 Mei ini dengan lebih 50 orang mati dalam insiden letupan dan serangan berani mati semenjak 11 April lalu.
''Alat letupan jangka (IED) ditanam di luar pejabat. Sekurang- kurangnya lima terbunuh dan 22 orang lagi cedera,'' kata ketua polis bandar itu, Dilawar Khan Bangash kepada AFP. - AFP


Artikel Penuh: http://www.utusan.com.my/utusan/Luar_Negara/20130429/lu_10/Serangan-bom-sempena-pilihan-raya#ixzz2RrgnSyeo
© Utusan Melayu (M) Bhd 

Pyongyang lancar latihan tentera besar-besaran



Anggota tentera Marin Amerika Syarikat mengambil kedudukan ketika latihan ketenteraan bersama Korea Selatan di Pohang kira-kira 270 kilometer dari tenggara Seoul, semalam. - AFP
SEOUL 28 April - Korea Utara dilaporkan sedang bersiap sedia untuk mengadakan satu latihan ketenteraan secara besar-besaran, ketika ketegangan masih memuncak ekoran rancangan Pyongyang untuk melancarkan ujian peluru berpandu terbaharu dan pengunduran penduduk Korea Selatan dari kompleks industri bersama di Kaesong di sempadan kedua-dua negara.
Agensi berita Korea Selatan, Yonhap yang memetik sumber kerajaan Seoul melaporkan, Pyongyang sedang membuat persiapan untuk menjalankan latihan tentera melibatkan unit artileri dan pesawat udara di pelabuhan Nampo, barat Korea Utara.
''Latihan itu dilihat akan diadakan pada skala besar,'' kata seorang pegawai yang enggan dikenali.
Pegawai itu turut melahirkan kebimbangan berlakunya provokasi ketenteraan terhadap Seoul atau ujian peluru berpandu oleh Pyongyang dalam latihan tersebut.
Seorang lagi pegawai Seoul berkata, Korea Utara mungkin cuba meningkatkan 'ketegangan ketenteraan' selepas Korea Selatan mengundurkan pekerja-pekerjanya dari kawasan industri Kaesong.
Pyongyang yang marah dengan sekatan terbaharu Pertubuhan Bangsa-Bangsa Bersatu (PBB) berikutan pelancaran ujian ketiga nuklearnya pada Februari lalu dan latihan ketenteraan bersama Korea Selatan-Amerika Syarikat (AS), telah mengeluarkan beberapa ancaman serangan peluru berpandu dan perang nuklear terhadap sekutunya itu.
Ancaman pelancaran peluru berpandu tersebut menyebabkan Seoul dan Washington berada dalam keadaan berjaga-jaga sejak bulan lepas. - AFP


Artikel Penuh: http://www.utusan.com.my/utusan/Luar_Negara/20130429/lu_08/Pyongyang-lancar-latihan-tentera-besar-besaran#ixzz2RrecwG7O
© Utusan Melayu (M) Bhd 

Kawalan di selatan Thai ditingkat



PATTANI 28 April - Pihak berkuasa mempergiatkan kawalan keselamatan di selatan negara ini menjelang ulang tahun kesembilan tragedi pembunuhan beramai-ramai di masjid Krue Se di wilayah ini, hari ini.
Pegawai keselamatan juga bimbang kemungkinan serangan balas selepas tiga orang suspek pemberontak dibunuh oleh pihak berkuasa pada Jumaat lalu.
Pengawasan keselamatan telah dipertingkatkan di wilayah ini mulai malam Jumaat lalu dengan menjangkakan serangan akan dilakukan oleh kumpulan pemberontak sebagai memperingati ulang tahun pembunuhan beramai-ramai Krue Se.
Gabungan pasukan keselamatan iaitu askar, polis dan pegawai pentadbiran tempatan serta sukarelawan telah mengadakan sekatan di jalan raya dan memantau kawasan berisiko tinggi di seluruh wilayah ini.
Satu sumber berkata, pihak keselamatan menerima maklumat risikan terdapat serangan yang dirancang membabitkan serangan ke atas dua buah pikap dan dua buah kereta yang sarat dengan bom di wilayah ini.
Terdapat juga kebimbangan berlakunya serangan balas selepas tiga pemberontak terbunuh dalam satu serbuan di tempat persembunyian mereka di hutan Bannang Sata di daerah Yala pada Jumaat lalu.
Tiga lelaki yang maut itu dikenal pasti sebagai Boonya Daleng, Budimun Mayi dan Abdul Tolae Saha.
Ketua Polis Wilayah Yala, Jeneral Peera Boonliang berkata, Boonya dipercayai salah seorang daripada 50 anggota militan bersenjata yang menyerang sebuah pangkalan tentera laut di daerah Narathiwat pada 13 Februari lalu.
Katanya, Budimun pula sedang dicari kerana didakwa membunuh penduduk kampung pada satu majlis keagamaan di daerah Bannang Sata Yala, manakala Abdul Tolae pula berdepan tuduhan membunuh dua anggota tentera di daerah yang sama. - AGENSI


Artikel Penuh: http://www.utusan.com.my/utusan/Luar_Negara/20130429/lu_09/Kawalan-di-selatan-Thai-ditingkat#ixzz2RreMnNlk
© Utusan Melayu (M) Bhd 

Iraq gantung lesen siaran TV galak keganasan, sengketa



BAGHDAD 29 April - Kerajaan Iraq menggantung lesen 10 saluran televisyen satelit, termasuk siaran Al-Jazeera yang berpangkalan di Qatar, atas kesalahan menggalakkan unsur-unsur keganasan dan persengketaan.
Pegawai Tertinggi Suruhanjaya Komunikasi dan Media, Mujahid Abu al-Hail berkata, tindakan itu diambil selepas kesemua siaran televisyen terbabit didapati menggunakan bahasa dan intipati rancangan yang menggalakkan kedua-dua unsur berkenaan.
"Saluran televisyen tersebut perlu menghentikan siaran di Iraq dan tidak dibenarkan membuat liputan sebarang majlis di negara ini," jelasnya. - AFP


Artikel Penuh: http://www.utusan.com.my/utusan/Luar_Negara/20130429/lu_02/Iraq-gantung-lesen-siaran-TV-galak-keganasan-sengketa#ixzz2RrdgYy3Q
© Utusan Melayu (M) Bhd 

Konvoi Ini Kalilah!!

Konvoi Ini Kalilah!! bagi mengiringi Tuan Guru Hj Abdul Hadi Awang akan diadakan pd petang ni bermula di Markas PAS Guar Syed Alwi - Putik, Titi Serong (DUN Kayang) - Panggung Mahkota - Masjid Saidina Omar Al Khattab, Kg Guar Syed Alwi.

Berkumpul di Markas PAS Guar Syed Alwi jam 5.15 ptg. Warna tema HIJAU.

Rakan2 pemuda dan semua pendokong dan penyokong PR dijemput hadir

Kesian sampai mengalir air mata sedu sedan tengok ini

Ini kalilah!!!!... di Klang program Charles Santiago.



Admin: Ini kalilah!!!!... di Klang program Charles Santiago.

Zunar dan KKI di Klang malam tadi

Satu lagi billboard hasil sumbangan idea dan lukisan oleh Zunar/KKI di lokasi Simpang tiga Ijok, Kuala Selangor

Terdesaknya BN! Apakah yang akan anda lakukan jika ini berlaku kepada anda?

parti rasuah

Untuk Kaum Muslimin Di Barat : Perbedaan Yang Besar Antara Rakyat Umum Dengan Mereka Semua Yang Telah Menjual Nyawa Mereka Kepada Robb Mereka


Sebuah artikel menarik telah ditulis oleh Ansar dan disebarluaskan di Forum Jihad Ansar Al Mujahidin. Artikel ini akan memberikan gambaran kepada kita, khususnya kaum Muslimin di Barat akan arti pentingnya pengorbanan dan keberanian untuk meraih kemuliaan kembali Islam dan kaum Muslimin. Semoga bermanfaat!

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barokatuh

Bismillahirrahmanirrahim

Segala puji bagi Allah, Tuhan pencipta ; Tuhan dan Yang Maha Esa, penolong dari yang tertindas; Pematah dan Penakluk ketidak adilan para tiran. Salawat dan salam atas penutup para Nabi dan pemimpin mereka; Imam dan pemimpin para Mujahidin; dan atas keluarganya dan para sahabatnya dan atas mereka semua yang dituntun dengan bimbingannya; menjalankan Sunnahnya hingga hari kiamat.

Perbedaan yang besar diantara rakyat umum dengan mereka semua yang telah menjual nyawa mereka kepada Rabb mereka

Mereka membawa senyuman pada kematian, ketika pedang-pedang terhunus dengan memberengut pada mereka

Mereka memutar dada mereka ke dalam perisai di jalan Islam

Syaikh Usamah Bin Laden (Rahimahullah)

Saudara-saudariku tercinta,

Kita telah mengalami banyak peristiwa-peristiwa bersejarah dalam 10 tahun terakhir. Yang pertama, kita menyaksikan serangan yang luar biasa terhadap sumber kekafiran dan kecurangan (korup). Serangan terhadap Manhattan, Washington dan Pennsylvania telah menyembuhkan dada ummat Islam. Pada saat 2 pesawat terbang menabrak gedung World Trade Center (WTC) kita merasakan kehormatan dan kemuliaan. Beberapa dari kita terlalu muda untuk memahami apa yang sedang terjadi, namun kita merayakannya karena keluarga-keluarga kita merayakannya. Tuhan palsu Amerika Serikat telah diserang oleh cucu-cucu para sahabat (Radhiallahu’anhum). 19 lelaki pemberani menyerang Amerika dan mereka bukan 19 tentara.

Allah mengatakan dalam Al-Qur’an yang mulia :

“Ingatlah, ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhan-mu, lalu Diperkenankan-Nya bagimu, “Sungguh, Aku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut. Dan tidaklah Allah menjadikannya melainkan sebagai kabar gembira agar hatimu menjadi tenteram karenanya. Dan kemenangan itu hanyalah dari sisi Allah. Sungguh, Allah Maha Perkasa, Maha Bijaksana.” {QS. Al-Anfal ayat 9-10}

Pada tanggal 7 Oktober 2001, kekuatan kafir dan korup menyerang Afghanistan. Dengan tentara mereka yang besar dalam kerjasama dengan para pengkhianat, mereka membunuh dan membantai ribuan kaum Muslimin. Kegembiraan selama 4 minggu berbalik menjadi kesedihan. Kekuatan kafir dan korup tidak membedakan antara penduduk sipil dengan orang bersenjata. Setiap Muslim dengan janggut dan turban dipertimbangkan sebagai ancaman yang memungkinkan.

Allah mengatakan dalam Al-Qur’an :

“Dan apabila dikatakan kepada mereka, “Janganlah berbuat kerusakan di bumi!” mereka menjawab, “Sesungguhnya kami justru orang-orang yang melakukan perbaikan.” {QS. Al-Baqarah ayat 11}

Dua tahun setelah penyerbuan ke Afghanistan, pemerintahan Amerika Serikat dalam perjanjian dengan pengkhianat-pengkhianat Arab menyerbu Iraq. Tentara salibis dan tentara boneka kotor membunuh dan memenjarakan ribuan kaum Muslimin. Dengan kabar-kabar keliru yang kami dengar dari pemerintahan Amerika Serikat, kami mengharapkan beberapa perlawanan dari tentara Iraq. Tentara Saddam Hussein disingkirkan tanpa ada kesulitan. Apa yang kita harapkan dari sebuah pasukan yang dibangun atas ide-ide menyimpang Micheal Aflaq dan Salah al-Batar (tokoh-tokoh pendiri partai sosialis Ba’ats)?!

“Orang-orang yang beriman, mereka berperang di jalan Allah dan orang-orang yang kafir berperang di jalan Thaghut, maka perangilah kawan-kawan setan itu, (karena) sesungguhnya tipu daya setan itu lemah.” {QS. An-Nisa ayat 76}

Penerintah salibis bertindak seperti banteng-banteng yang sedang mengamuk. Mereka berpikir bahwa tidak ada orang Muslim yang akan berani untuk berperang melawan mereka. Mereka lupa bahwa Ummat Islam adalah sebuah bangsa yang mana memberikan kelahiran kepada rakyatnya (para pahlawan) seperti Shalahuddin Al Ayyubi, Tariq bin Ziad, Ahmad ibn Taymiyyah dan pelayan-pelayan berbudi lainnya, Semoga Allah senang dengan mereka.

Di negeri dua sungai kami mendengar nama Abu Mus’ab Al Zarqawi rahimahullah. Bagaimana tentang Abu Mus’ab Al Zarqawi ?! Kami mendengar sebuah suara yang mana dipenuhi dengan cinta untuk orang-orang beriman dan kebincian terhadap orang-orang kafir. Kami mendengar sebuah suara terisi dengan rahmat Allah. Kami mendengar suara Al-Qa’qaa Ibn ‘Amr At-Tamiimi radhiallahu’anhu.

Abu Bakar radhiallahu’anhu mengatakan : “Suara Al-Qa’qaa saja dalam tentara adalah lebih baik dari seribu pejuang.”

Semoga Allah menerima Syaikh Abu Mus’ab kita yang tercinta dalam Surga yang tertinggi.

Di negeri para pelajar kita menyaksikan arti sesungguhnya dari kesabaran dan ketabahan. Para pelajar dan Muhajirin menunjukkan ke suluruh dunia bahwa kemenangan hanya datang dari Allah. Mullah Muhammad Umar Mujahid –Semoga Allah melindunginya- mengatakan: “Allah telah menjanjikan kita kemenangan dan Bush menjanjikan kita kekalahan dan kita akan melihat janji yang mana yang benar”.

“… Dan tidak ada kemenangan itu, selain dari Allah Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana” {QS. Ali Imran ayat 126}

Saudara-saudari-ku tercinta,

Aku akan menanyakan kepadamu sebuah pertanyaan, apa yang dilakukan oleh putera-putera Washington, Ottowa, Brussels, Kopenhagen, Paris, Berlin, Roma, Amsterdam, Warsawa dan London di belahan bumi lainnya ?

Banyak dari engkau akan menjawab. “Membunuh kaum Muslimin dan menyebarkan kecurangan (korupsi).” Benar ?

Jadi, pertanyaanku selanjutnya adalah, “Apa yang jutaan kaum Muslimin lakukan di dalam kota-kota di atas ? “

Aku pikir dari engkau semua mengetahui jawabannya !

Hal ini mengingatkanku sebuah kisah ketika kaum Muslimin menaklukkan Andalusia. Kekuatan salib terbiasa mengirimkan para mata-mata untuk operasi-operasi khusus. Seorang mata-mata kembali dari perjalanannya dan mengatakan kepada pemimpin kemusyrikan bahwa belum tiba saatnya untuk merebut kembali Spanyol. Pemimpin menanyakan kepadanya mengapa ?

Mata-mata mejawab “Ketika aku tiba di gerbang negeri Islam aku melihat seorang anak lelaki menangis”.

Lalu terjadilah Percakapan diantara mata-mata dengan seorang anak lelaki Muslim :

MATA-MATA : Mengapa engkau menangis ?

ANAK LELAKI : Aku kehilangan 1 dari 10 target pada tembak menembak panah.

MATA-MATA : Disana tidak ada alasan untuk menangis. Aku bahkan tidak dapat mengenai 5 target.

ANAK LELAKI : Hal itu membuatku bersedih jika aku (hanya) membunuh 9 salibis dari 10 salibis !

Mata-mata itu pun terkejut dan mengatakan kepada anak lelaki tadi bahwa ia sedang terburu-buru.

Pemimpin salibis tidak dapat mempercayai apa yang mata-mata katakan padanya dan bertanya pada mata-mata lain jika hal ini adalah benar. Mata-mata lainnya menegaskan kepada pemimpin bahwa mata-mata (sebelumnya) telah berkata benar. Setelah bertahun-tahun pemimpin salibis memerintahkan para mata-matanya untuk berkeliling ke negeri Islam. Mata-mata yang sama melakukan perjalanan menuju Andalusia. Ketika mereka tiba di gerbang negeri Islam, mereka melihat seorang pemuda sedang menangis.

Percakapan antara mata-mata dengan seorang pemuda Muslim :

MATA-MATA : Mengapa engkau menangis ?

PEMUDA : Kekasihku membuangku !

MATA-MATA : Jangan menangis, engkau mungkin akan menemukan kesasih yang lain.

PEMUDA : (Tangisan sirna dari matanya … )

MATA-MATA : Aku harus pergi !

Mata-mata (itu pun) melakukan perjalanan kembali dan mengatakan kepada pemimpinnya dengan suara yang nyaring.

“SEKARANGLAH SAATNYA UNTUK MEREBUT KEMBALI SPANYOL DARI KAUM MUSLIMIN”

Apa yang aku coba katakan dengan contoh ini adalah bahwa kita telah menjadi lemah seperti pemuda yang sedang menangis (di atas). Kita seharusnya menjadi seperti anak lelaki (di atas). Wallahi ! Jika kita memiliki motivasi yang sama seperti anak lelaki (tersebut), kita akan merebut kembali semua negeri-negeri Islam termasuk Spanyol (dengan kehendak Allah).

Saudara-saudari-ku tercinta,

Allah Subhanahu wa Ta’ala mengatakan dalam Al-Qur’an :

“Maka berperanglah engkau (Muhammad) di jalan Allah, engkau tidaklah di bebani melainkan atas dirimu sendiri. Kobarkanlah (semangat) orang-orang beriman (untuk berperang) …” {QS. An-Nisa ayat 84}

“Imam Ahmad meriwayatkan Sulayman Bin Dawud mengatakan bahwa Abu Bakar bin ‘Ayyash mengatakan bahwa Abu Ishaq mengatakan, “Aku bertanya pada Al-Bara’, “Jika seorang lelaki menyerang barisan berhala-berhala (thoghut dan tentaranya), akankah ia melemparkan dirinya sendiri kepada kebinasaan.” Ia mengatakan, “Tidak, karena Allah telah mengirim Rasul-Nya dan memerintahkannya”.

Maka berperanglah engkau (Muhammad) di jalan Allah, engkau tidaklah di bebani melainkan atas dirimu sendiri. Kobarkanlah (semangat) orang-orang beriman (untuk berperang), dengan mendorong dan memperkuat ketetapan hati mereka dalam kehormatan ini. Sebagai contoh, Nabi mengatakan kepada orang-orang beriman pada perang Badar, sementara (beliau) mengorganisir barisan mereka, (Bangkit dan bergeraklah menuju Surga yang luasnya seluas langit dan bumi).

Disana terdapat banyak Hadits yang menganjurkan Jihad. Al-Bukhari meriwayatkan bahwa Abu Hurayrah mengatakan bahwa Rasulullah mengatakan,

(Siapa saja yang beriman kapada Allah dan Rasul-Nya, melaksanakan Shalat, membayar Zakat dan berpuasa di bulan Ramadan, akan berhak dianugerahi Surga oleh Allah, tidak jadi soal apakah ia berhijrah dalam jalan Allah atau menetap di tanah dimana ia dilahirkan) orang-orang mengatakan, ‘Oh Rasulullah! Bolehkah kami (mengabarkan) orang-orang dengan berita baik ini’. Beliau mengatakan,

(Surga memiliki seratus derajat yang mana telah Allah sediakan bagi para Mujahidin yang berjuang di jalan-Nya, jarak antara dua derajatnya seperti jarak antara langit dan bumi. Jadi, ketika engkau meminta pada Allah, mintalah akan Al-Firdaus, yang mana adalah surga yang terbaik dan tertinggi, diatasnya adalah singgasana Yang Maha Pemurah (Allah) dan darinya sungai-sungai di Surga berasal).

Hal terbesar yang diharapkan Mujahidin di Afhanistan, Iraq, Yaman, Somalia dan medan-medan Jihad lainnya, adalah untuk mengadakan perjalanan menuju negeri-negeri kafir dan membiarkan mereka merasakan apa yang kaum Muslimin rasakan…..

Apa Yang Sedang Engkau Tunggu?

Ya Allah, anugerahi kemenangan kepada Mujahidin atas musuh mereka…jangan menjadikan Mujahidin mempercayai apa yang para kuffar katakan dan lakukan dan bermurah hatilah atas para Mujahidin dan iringilah mereka dan tidak bersebrangan dengan mereka….

Ya Allah, jadikan dari orang-orang yang beriman yang mengingat-Mu dan takut pada-Mu dan sungguh-sungguh mempercayai-Mu, dan jadikan mereka Ya Allah, dari para penyembah-mu yang bertobat yang takut dan mentaati-Mu….

Ya Allah, jadikanlah mereka yang (memperoleh) kemenangan (dari-Mu) .. Ya Allah, ungkapkanlah kepada mereka kemenangan Mu, ya Tuhan semesta alam … Ya Allah, ungkapkanlah kepada mereka kemenangan-Mu dan buat mereka tabah dan mengguncang bumi dari bawah kaki musuh-musuh mereka, (Ya Yang memiliki Kemenangan dan Pertolongan)

Allah Yang Maha Mengetahui dan shalawat serta salam atas Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam.

Wassalamu’alaikum

Hamba Allah yang fakir dan lemah

ANSAR


(KabarDuniaIslam/al-mustaqbal.net)

BIOGRAFI SYAIKH MUHAMMAD IBNU ABDIL WAHHAB


-Dari Kitab Tarikh Nejed-

Syaikh Husain Ibnu Ghunnam

Alih Bahasa: Abu Sulaiman

_______________________________________

Kehidupan
Asy Syaikh Muhammad Ibnu Abdil Wahhab

Beliau adalah Muhammad Ibnu Abdil Wahhab Ibnu Sulaiman Ibnu ‘Ali Ibnu Muhammad Ibnu Ahmad Ibnu Rasyid Ibnu Barid Ibnu Muhammad Ibnu Barid Ibnu Musyrif At-Tamimiy.

Beliau dilahirkan pada tahun 1115 H di Kota ‘Uyainah yang merupakan bagian wilayah Nejed.

Di waktu kecil, beliau menimba ilmu di negerinya, yaitu ‘Uyainah. Beliau hafal Al-Qur’an sebelum berumur 10 tahun. Beliau cerdas, pintar, mudah hafal, fasih lagi hebat. Sulaiman –saudaranya- meriwayatkan bahwa ayah mereka memiliki firasat yang baik padanya, sang ayah terkagum-kagum dengan pemahaman dan kecerdasannya, padahal ia masih kecil dan ia menceritakan hal itu dan berkata: Sesungguhnya ia mengambil dari Muhammad –anaknya- banyak faidah hukum.

Ayah beliau menulis kepada sebagian ikhwannya sepucuk surat yang di dalamnya ia memuji keadaan Muhammad anaknya, menyanjung dan memuji hafalan, pemahaman serta daya tangkapnya. Dalam surat itu ia menuturkan bahwa anaknya ini telah baligh sebelum mencapai usia 12 tahun, ia memandangnya layak untuk mengimami shalat jama’ah karena pengetahuannya tentang hukum-hukum yang berkaitan dengannya, maka ayahnya pun menjadikan beliau imam dalam shalat jama’ah bersama masyarakat. Ia menikahkannya pada umur 12 tahun –tidak lama setelah mencapai usia baligh-, kemudian mengizinkannya untuk menunaikan ibadah haji. Maka beliaupun berangkat haji dan menuju Madinah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam. Di sana beliau menetap selama dua bulan, kemudian pulang setelah menunaikan ziarah.

Saat itu ayahnya adalah qadli untuk wilayah ‘Uyainah, maka dalam bidang fiqh, beliau menimba ilmu dari ayahnya sesuai madzhab Imam Ahmad. Walaupun beliau rahimahullah masih kecil, akan tetapi beliau banyak mengkaji kitab-kitab tafsir dan hadits serta pembahasan para ulama prihal ashlul Islam. Karena kepiawaiannya dalam menulis, beliau dalam suatu majelis menulis banyak buku kecil tanpa merasa lelah, sehingga orang yang melihat tercengang karena kecepatan daya hafal dan penulisannya.

Allah melapangkan dadanya untuk mengenal Tauhid dan hal-hal yang membatalkannya yang menyesatkan (banyak manusia) dari jalan-Nya, maka beliau mulai mengingkari kesyirikan yang telah menyebar luas di Nejd, walaupun sesungguhnya sebagian manusia telah menganggap baik apa yang beliau katakan, namun karena beliau melihat bahwa masalahnya tidak akan tertangani oleh beliau sesuai dengan apa yang beliau inginkan, maka beliau pergi mencari ilmu ke berbagai wilayah sekitarnya sampai akhirnya mencapai tingkatan yang melebihi guru-gurunya.

Maka beliau memulai dengan menunaikan ibadah haji ke Baitullah al Haram, lalu beliau menetap di Al Madinah Al Munawarrah untuk menimba ilmu di sana dari Syaikh Abdullah Ibnu Ibrahim An Najdiy Al Madaniy dan beliau (Syaikh Abdullah) memberinya ijazah dari dua jalan. Beliau adalah ayah Ibrahim Ibnu Abdillah, penyusun kitab Al ‘Adzbul Faa-idl fii ‘Ilmil Faraa-idl. Beliau juga menimba ilmu dari Syaikh Muhammad Hayaat As Sindiy Al Madaniy.[1]

Kemudian beliau keluar dari Al-Madinah menuju Nejed dan bertolak menuju Bashrah dalam perjalannannya menuju Syam. Di Basharah, beliau mendengar hadits dan fiqh dari banyak ulama dan di sana pula beliau mengkaji ilmu Nahwu sampai menguasainya. Beliau juga menulis banyak ilmu bahasa (Arab) dan hadits. Di sela-sela waktunya, selama beliau berada di Bashrah, beliau mengingkari apa yang beliau lihat dan beliau dengar, berupa syirik dan bid’ah. Beliau menganjurkan manusia agar memegang jalan yang lurus dan benar. Beliau menyebarkan Tauhid dan beliau menyatakan dengan terang-terangan kepada manusia bahwa ibadah itu seluruhnya hanya bagi Allah, barang siapa memalingkan sesuatu darinya kepada selain Allah, maka dia kafir. Bila seseorang di majelisnya menyebutkan lambang-lambang para thaghut dan orang-orang shalih yang mereka ibadati bersama Allah, maka beliau melarangnya, menghentikannya dari hal itu dan menjelaskan kebenaran kepadanya, seraya berkata kepadanya: “Sesungguhnya mencintai para wali dan orang-orang shalih itu hanyalah dengan mengikuti tuntunan dan ajaran yang mereka pegang dan bukan dengan menjadikan mereka sebagai tuhan-tuhan selain Allah”. Banyak dari penduduk Bashrah datang kepadanya seraya membawa syubuhat, maka beliau memberikan jawaban kepada mereka dengan jawaban yang melenyapkan kesamaran dan menampakkan al-haq. Beliau selalu mengulang-ulang kepada mereka bahwa ibadah itu seluruhnya tidak layak, kecuali hanya bagi Allah. Sebagian mereka menganggap aneh ha itu dan terheran-heran karena sikap pengingkaran beliau yang sangat terhadap peribadatan kepada orang-orang shalih dan para wali, tawassul dengan mereka di kuburan-kuburan mereka dan tempat-tempat mereka yang dikeramatkan. Mereka mengatakan: “Bila yang dikatakan oleh orang ini benar, maka selama ini manusia sesat”.

Tatkala hal itu (terjadi, ed) berulang-ulang, maka sebagian penduduk Bashrah mengintimidasinya dan mengusirnya dari Bashrah di siang hari yang panas. Beliaupun menuju Syam, akan tetapi bekal yang beliau bawa hilang dalam perjalanan, sehingga akhirnya beliau berbalik arah, kembali ke Nejed. Dalam perjalanannya, beliau melewati Ahsa dan singgah di sana, yaitu di rumah Asy Syaikh Al-‘Alim Abdullah Ibnu Muhammad Ibnu Abdillathif Asy Syafi’i Al Ahsaa-i. Kemudian dari sana beliau menuju daerah Huraimila, yang mana ayahnya (Abdul Wahhab) telah pindah ke sana dari ‘Uyainah tahun 1139 H setelah amirnya Abdullah Ibnu Ma’mar meninggal dunia dan cucunya Muhammaf Ibnu Hamd yang digelari Khurfaasy memegang kepemimpinan sesudahnya, lalu dia mencopot Syaikh Abdul Wahhab dari jabatan qadli ‘Uyainah karena perselisihan di antara keduanya.

Syaikh Muhammad menetap di Huraimila bersama ayahnya sambil belajar kepadanya beberapa tahun sampai ayahnya meninggal dunia tahun 1153 H. Maka beliau menjaharkan dakwahnya dan mengingkari dengan sangat segala fenomena kesyirikan dan bid’ah. Beliau sungguh-sungguh dalam al amru bil ma’ruf dan an nahyu ‘anil munkar. Beliau mengerahkan segala nasehatnya bagi kalangan khusus dan kalangan awam, menebarkan ajaran-ajaran Islam, memperbaharui sunnah Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam dan beliau tidak takut -di dalam kebenaran ini- celaan orang yang suka mencela, (beliau juga) mengingatkan manusia dan para ulama secara khusus, demi menghindari ancaman Allah ta’ala dalam firman-Nya ta’ala:

“Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-keterangan (yang jelas) dan petunjuk, setelah Kami menerangkannya kepada manusia dalam Al-Kitab, mereka itu dilaknati Allah dan dilaknati (pula) oleh semua (makhluk) yang dapat melaknati” (Al-Baqarah: 159)

Maka akhirnya nama beliau terkenal di wilayah-wilayah ‘Aridl, yaitu Huraimila, ‘Uyainah, Dir’iyyah, Riyadl dan Manfuhah, sehingga banyak orang berdatangan kepadanya. Mereka menjadi jama’ah dan mentauladaninya, mengikuti jalannya dan ber-mulazamah serta belajar kepadanya dalam bidang hadits, fiqh dan tafsir. Di tahun-tahun itu beliau menyusun “Kitab At-Tauhid”.

Dalam menyikapi beliau, manusia terbagi menjadi dua kelompok: Satu kelompok mengikuti dan membai’atnya serta setia terhadap apa yang beliau da’wahkan, sedangkan kelompok lain memusuhinya, memeranginya dan mengingkari apa yang beliau bawa, sedangkan mereka itu adalah mayoritas manusia.

Saat itu para pemimpin kawasan Huraimila adalah dua kabilah yang keduanya berasal dari satu kabilah dan masing-masing mengklaim bahwa dirinyalah yang memiliki kekuatan, dominasi dan pemerintahan yang tertinggi serta mereka tidak memiliki satu pimpinan yang mengendalikan semua.

Di negeri itu ada banyak budak milik salah satu kabilah tadi. Mereka sangat jail dan bejat. Syaikh Muhammad Ibnu Abdil Wahhab menginginkan agar mereka dihalangi dari kerusakan dan diberlakukan kepada mereka al amru bil ma’ruf wa nahyu ‘anil munkar, akan tetapi mereka malah berupaya membinasakn Syaikh dan membunuhnya secara diam-diam di malam hari. Kemudian tatkala mereka memanjat dinding untuk menghabisi beliau, orang-orang memergokinya lalu meneriakinya sehingga merekapun kabur melarikan diri.

Syaikh akhirnya pindah dari Huraimila ke ‘Uyainah, sedang pemimpinnya saat itu adalah Utsman Ibnu Hamd Ibnu Ma’mar, maka iapun memuliakan Syaikh dan di sana beliau menikahi Jauharah puteri Abdullah Ibnu Ma’mar.

Tatkala syaikh memaparkan dakwahnya kepada Utsman, maka iapun mengikutinya dan mendukungnya serta mengharuskan kalangan khusus dan umum untuk melaksanakan perintahnya. Di daerah ‘Uyainah dan sekitarnya ini terdapat banyak kubah, mesjid dan bangunan yang dibangun di atas kuburan sahabat dan para wali serta pohon-pohon yang mereka keramatkan dan mereka bertabarruk dengannya; seperti kubah kuburan Zaid Ibnul Khaththab di Jubailah, pohon Quraiwah, Abu Dujanah dan Dzaib. Maka Syaikh Muhammad Ibnu Abdil Wahhab dan Utsman Ibnu Ma’mar beserta banyak jama’ahnya keluar menuju tempat-tempat itu dengan membawa cangkul, terus mereka menebang pohon-pohon, menghancurkan bangunan-bangunan dan kubah yang di atas kuburan itu serta mereka membenahinya sesuai tuntunan Sunnah. Sedangkan Syaikh sendiri beliaulah yang menghancurkan sendiri kubah kuburan Zaid Ibnul Khaththab dan begitu juga beliau bersama sahabat-sahabatnya menebang pohon Dzaib. Sedangkan pohon Quraiwah ditebang oleh Tsunayyan Ibnu Su’ud, Musyariy Ibnu Su’ud, Ahmad Ibnu Suwailim serta yang lainnya.

Begitulah akhirnya tidak tersisa satupun berhala di negeri yang dikuasai oleh Utsman, sehingga kalimatul haq melambung tinggi dan sunnah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam pun dihidupkan. Kemudian tatkala hal itu terkenal dan tersiar luas serta menjadi pembicaraan para pelancong, maka hati manusia -yang sudah dipastikan adzab baginya- mengingkarinya dan mengatakan seperti apa yang sudah dikatakan oleh orang-orang terdahulu:

“Mengapa dia menjadikan tuhan-tuhan itu Tuhan Yang Satu saja? Sesungguhnya ini benar-benar suatu hal yang sangat mengherankan” (Shaad: 5)

Maka mereka bersekongkol untuk membantah, mengingkari, menyudutkan dan memeranginya. Mereka menulis surat kepada ulama Ahsaa, Bashrah dan Al-Haramain seraya memanas-manasi mereka terhadapnya. Dalam hal itu mereka juga dibantu oleh orang-orang bejat dan orang-orang sesat dari kalangan ulama negeri-negeri itu. Mereka menulis banyak buku dalam memvonis beliau sebagai seorang ahli bid’ah, sesat, merubah ajaran dan sunnah, bodoh dan binasa. Mereka mengompori kalangan khusus dan kalangan awam terhadapnya, terutama para pemimpin dan penguasa. Mereka mengklaim bahwa Syaikh dan para pengikutnya itu tidak memiliki jaminan dan keterjagaan (darah dan harta), karena sebab menolak sunnah Rasulullah saw dan merubah ajaran agama. Mereka menakut-nakuti para pemimpin dan penguasa darinya. Mereka mengklaim bahwa beliau mendoktrin orang-orang bodoh dan para pengekor dengan pendapatnya, serta beliau memperdaya mereka dengan pahamnya sehingga mereka akhirnya berani membangkang dan menentang pemimpin dan pemerintah mereka.

Syaikh -rahimahullah- sabar menghadapi apa yang mereka katakan lagi mengharapkan pahalanya di sisi Allah, seraya menghibur diri dengan apa yang dialami oleh kaum muwahhidun sebelumnya dan dengan berbagai ujian yang dihadapi kaum mu’minin serta segala konspirasi kaum musyrikin dan orang-orang sesat terhadap mereka. Ini adalah sunnatullah ta’ala pada hamba-hamba-Nya yang selalu berlaku di semua zaman, yang dengannya Allah menguji orang-orang mu’minin dan menyeleksi orang-orang yang bersabar. Allah ta’ala berfirman:

“Alif laam miim. Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesunggguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta” (Al-Ankabut: 1-3)

Syaikh rahimahullah tetap bermukim di ‘Uyainah. Beliau menegakkan amar ma’ruf dan nahyi munkar. Beliau mengajari manusia tentang dien mereka, melenyapkan segala bid’ah yang beliau mampu. Beliau menegakkan hudud dan memerintahkan pemimpin untuk menegakkannya. Sampai akhirnya, beliau didatangi oleh seorang wanita dari penduduk ‘Uyainah yang telah melakukan zina dan dia mengakui perbuatan zinanya tersebut terhadap dirinya sendiri. Pengakuan itu (diungkapkan,ed) berulang kali, hingga empat kali… Maka Syaikhpun berpaling darinya. Kemudian wanita itu kembali mengakuinya berulang-ulang, maka Syaikhpun menanyakan tentang akalnya. Beliaupun diberi tahu akan kesempurnaan dan kesehatan akalnya. Kemudian beliau menangguhkannya beberapa hari, dengan harapan dia menarik kembali pengakuannya, akan tetapi dia tetap bersikukuh di atas pengakuannya. Wanita itu mengakui sebanyak empat kali dalam empat hari berturut-turut. Maka Syaikh rahimahullah memerintahkan pemimpin untuk merajamnya, karena dia muhshanah, dengan cara: Pakaiannya diikatkan pada badannya, lalu dirajam dengan batu sesuai cara yang disyari’atkan. Sang pemimpin, yaitu Utsman Ibnu Ma’mar dan sejumlah kaum muslimin keluar untuk merajamnya sampai wanita itu meninggal dunia. Orang pertama yang merajamnya adalah Utsman sendiri. Tatkala wanita itu telah meninggal dunia, maka Syaikh memerintahkan agar mereka memandikan, mengkafani dan menshalatkannya.

Ketika kejadian ini sudah berlalu, maka bermunculanlah komentar-komentar ahli bid’ah dan orang-orang sesat. Mereka cemas dan takut, khawatir dan gundah. Maka lisan-lisan para ulama menjulur, mengingkari apa yang beliau lakukan, padahal beliau tidak melampaui hukum yang disyari’atkan dengan As-Sunnah dan ijma.

Tatkala mereka tidak mampu membantah hujjah-hujjah yang beliau utarakan, maka mereka beralih membantahnya dengan maker dan tipu daya. Mereka mengadukannya kepada sesepuh (tokoh) mereka, yaitu Sulaiman Alu Muhammad, pemimpin Banu Khalid dan Ahsa. Mereka mengomporinya dengan mengatakan kepadanya: “Sesungguhnya orang ini ingin menjatuhkan anda dari kekuasaan dan berupaya menghentikan urusan yang anda jalankan serta menghapuskan pajak dan upeti”

Ketika mereka menakut-nakutinya dengan hal itu, maka Sulaiman Alu Muhammad menulis surat kepada Utsman Ibnu Ma’mar seraya memerintahkannya agar membunuh Syaikh Muhammad Ibnu Abdil Wahhab atau mengusirnya dari negerinya. Dia memojokkan dan mengancam Utsman, bahwa bila tidak melaksanakan hal itu, maka dia akan memutuskan upeti yang ada padanya di Ahsa –sedang itu adalah upeti yang sngat banyak- serta dia mengancamnya akan merampas semua harta Utsman yang ada padanya.

Tatkala surat Sulaiman diterima Utsman, maka Utsman merasa terpukul sehingga dia lebih mengedepankan dunia atas dien ini dan memerintahkan Syaikh Muhammad Ibnu Abdil Wahhab agar keluar dari ‘Uyainah.

Maka Syaikhpun keluar meninggalkan ‘Uyainah pada tahun 1158 H menuju daerah Dir’iyyah. Pada malam pertama beliau singgah di rumah Abdullah Ibnu Suwailim, kemudian di hari ke dua beliau pindah ke rumah muridnya, Syaikh Ahmad Ibnu Suwailim.

Saat hal itu didengar oleh amir Muhammad Ibnu Su’ud, maka ia dan kedua saudaranya Tsunayyan dan Musyariy segera menghampirinya di rumah Ahmad Ibnu Suwailim, Ia mendatanginya dan mengucapkan salam terhadap beliau. Ia sangat memuliakan dan mengagungkannya serta ia mengabarkan kepadanya bahwa ia akan melindunginya seperti ia melindungi isteri-isteri dan anak-anaknya.

Maka Syaikh mengabarkan kepadanya apa yang dibawa dan didakwahkan Rasulullah saw, juga apa yang dipegang oleh para sahabat beliau sesudahnya serta apa yang diperintahkan dan dilarang Rasulullah terhadap mereka. Syaikh juga mengabarkan bahwa setiap bid’ah adalah kesesatan serta bahwa kejayaan dan kekayaan yang Allah berikan kepada mereka dengan sebab jihad fi sabilillah dan juga Dia jadikan mereka sebagai saudara. Kemudian Syaikh memaparkan kepadanya tentang realita yang dilakukan penduduk Nejed di zamannya, yaitu berupa penyelisihan mereka terhadap ajaran Rasulullah saw dengan penyekutuan Allah ta’ala, berbagai bid’ah, perselisihan dan kezhaliman.

Tatkala amir Muhammad Ibnu Su’ud benar-benar mengenal tauhid dan mengetahui mashlahat dieniyyah dan duniawiyyah yang ada di dalamnya, maka ia berkata kepada Syaikh: “Wahai Syaikh, sesungguhnya ini adalah dienullah wa rasulihi yang tidak ada keraguan di dalamnya, maka berbahagialah dengan dukungan bagimu dan bagi apa yang engkau perintahkan serta jihad melawan orang-orang yang menyelisihi tauhid. Akan tetapi, saya ingin mensyaratkan dua hal kepada engkau, (yaitu): Bila kami telah berdiri membelamu dan berjihad di jalan Allah serta Allah telah memberikan kemenangan bagi kita, saya khawatir engkau pergi meninggalkan kami dan engkau menggantikan kami dengan orang lain dan ke dua: Selama ini saya memungut upeti dari dari penduduk Dir’iyyah di setiap musim panen dan saya khawatir engkau mengatakan “jangan mengambil sesuatupun dari mereka””. Maka Syaikh rahimahullah berkata: “Adapun syarat yang pertama, maka ulurkan tanganmu ~Darah dengan darah, jaminan dengan jaminan~, dan adapun syarat yang ke dua, maka mudah-mudahan Allah membukakan banyak penaklukan bagimu sehingga Allah memberikan ganti kepadamu berupa ghanimah yang lebih baik dari apa yang diambil dari mereka”.

Maka amir Muhammad mengulurkan tangannya dan membai’at Syaikh di atas agama Allah dan Rasul-Nya, jihad di jalan-Nya, penegakan syari’at Islam, serta al amru bil ma’ruf wan nahyu ‘anil munkar. Kemudian syaikh bangkit dan masuk ke negeri itu bersamanya serta menetap di sana.

Di antara orang-orang yang terkenal mendukung dan membelanya dari kalangan saudara-saudara amir Muhammad, para pembantunya dan jajaran aparatnya dari penduduk Dir’iyyah adalah: Tsunayyan Ibnu Su’ud, Musyari Ibnu Su’ud, Farhan Ibnu Su’ud, Syaikh Ahmad Ibnu Suwailim, Syaikh Isa Ibnu Qasim, Muhammad Al Hazimiy, Abdullah Ibnu Dughaitsir, Sulaiman Al Wusyaiqiriy, Hamd Ibnu Husain, dan saudaranya Muhammad serta yang lainnya.

Syaikh telah menetap dua tahun di Dir’iyyah. Beliau membimbing manusia dan mengarahkan mereka ke jalan yang benar. Di sela-sela itu, berdatanganlah kepadanya para pendukung beliau dari ‘Uyainah secara diam-diam, di antaranya: Abdullah Ibnu Muhsin, dan kedua saudaranya, Zaid dan Sulthan dari Banu Ma’mar, Abdullah Ibnu Ghunnam dan saudaranya, Musa. Ikut hijrah pula bersama mereka sejumlah besar para sesepuh Banu Ma’mar yang menyelisihi Utsman Ibnu Ma’mar di ‘Uyainnah. Begitu juga orang-orang yang berasal dari wilayah-wilayah sekitarnya ikut hijrah bersama mereka, saat mengetahui bahwa Syaikh telah menetap di Dir’iyyah serta mendapat dukungan dan perlindungan.

Tatkala Utsman Ibnu Ma’mar mengetahui semua itu, maka ia menyesal terhadap apa yang telah ia lakukan berupa pengusiran Syaikh dan sikap tidak membelanya dan ia juga menjadi mengkhawatirkan banyak hal dari Syaikh. Akhirnya ia pun bersama sejumlah penduduk ‘Uyainah dan sesepuh-sesepuhnya berangkat mendatangi Syaikh di Dir’iyyah. Ia menginginkan Syaikh kembali bersamanya dan ia menjanjikan dukungan dan pembelaan baginya, maka Syaikh berkata: “Hal ini bukan kepada saya, akan tetapi kepada Muhammad Ibnu Su’ud, bila ia ingin saya pergi bersamamu, maka saya pergi dan bila ia ingin saya menetap padanya, maka saya menetap dan saya tidak mungkin menggantikan seseorang yang telah menyambut saya penuh penerimaan dengan orang lain, kecuali ia mengizinkannya bagi saya”. Kemudian Utsmanpun mendatangi Muhammad Ibnu Su’ud, namun ia menolak permintaannya. Tatkala ia tidak mendapatkan apa yang diinginkannya, maka ia kembali pulang ke negerinya seraya menyembunyikan permusuhan, niat jahat dan khianat, walaupun ia menampakkan sikap dukungan kepada al-haq dan dukungan kepada syaikh dan amir Muhammad. Tipu dayanya pun terjadi berulang-ulang dan nampaklah kemunafikannya serta terbongkarlah niat busuknya, maka akhirnya sejumlah ahlut tauhid membunuhnya setelah selesai shalat Jum’at di tempat shalatnya di dalam mesjidnya di ‘Uyainah tahun 1163 H sebagaimana yang akan dijabarkan nanti.

Syaikh menulis surat memaparkan dakwahnya kepada berbagai penduduk negeri dan para sesepuh mereka serta para pengaku ilmu di tengah mereka, maka di antara mereka ada yang menerima al haq dan mengikutinya dan ada juga yang malah melecehkan dan memperolok-oloknya. Mereka menuduh beliau bodoh dan kadang menuduhnya tukang sihir serta menuduhnya dengan hal-hal yang padahal beliau berlepas diri dari semua itu.

Syaikh rahimahullah tetap teguh mengajak manusia kepada jalan Tuhannya dengan hujjah yang nyata dan dengan pelajaran yang baik. Beliau tidak serta merta mengkafirkan seorangpun dan tidak memulai menyerang seorangpun, namun beliau menahan diri dari itu semua sebagai sikap wara’ darinya dan pengharapan Allah memberi hidayah kepada orang-orang yang sesat. Sampai akhirnya mereka semua malah bangkit memusuhi dan mengkafirkan beliau dan jama’ahnya secara terang-terangan di seluruh pelosok negeri serta menghalalkan darah mereka, sedangkan mereka tidak membuktikan klaim batil mereka tersebut dengan satu hujjahpun dari Kitabullah atau Sunnah Rasul-Nya. Mereka tidak peduli dengan kebohongan dan kepalsuan yang mereka tuduhkan kepada Syaikh dan tidak peduli pula dengan cara-cara yang mereka gunakan untuk mengusir beliau dan jama’ahnya dari negeri itu serta pengejaran mereka dengan disertai penyiksaan dan penindasan. Ya, memang beliau rahimahullah tidak memerintahkan untuk menumpahkan darah dan memerangi mayoritas orang-orang sesat dan budak hawa nafsu sampai mereka sendiri yang lebih dulu memerangi dan mengkafirkan beliau dan para sahabatnya, maka saat itu Syaikh memerintahkan jama’ahnya untuk berjihad. Beliau mengobarkan semangat para pengikutnya untuk berjihad, maka merekapun melaksanakan perintah beliau.

Beliau selalu ber-munajat kepada Allah yang telah menganugerahkan karunia Tauhid ini agar melapangkan dada kaumnya untuk menerima al-haq dan menghindarkan kejahatan mereka dengan daya dan kekuatan-Nya serta memalingkan tindakan jahat mereka darinya. Dalam menyikapi mereka beliau selalu mengambil sikap pemaaf dan lapang dada. Hal yang paling beliau sukai adalah bila seseorang di antara mereka meminta maaf kepada beliau, maka beliau lekas memaafkannya. Beliau tidak pernah membalas dendam kepada seorangpun setelah beliau menang dan menguasainya. Seandainya (dulu, ed) Allah memberikan kesempatan kepada mereka untuk membinasakan beliau, tentulah mereka menghabisi dan mencincang beliau. Sungguh beliau mengetahui benar hal itu, namun beliau tidak pernah melampiaskan dendam setelah beliau menguasai dan meraih kemenangan, yaitu di saat mereka datang kepada beliau dengan berbondong-bondong seraya tunduk patuh, baik suka maupun terpaksa. Beliau justeru menyikapinya dengan kasih sayang sehingga beliau berpaling dari apa yang pernah mereka lakukan terhadap beliau, seolah tidak pernah ada apa-apa dari mereka. Beliau menampakkan kepada mereka sikap ramah dan akrab serta sikap baik, pemberian dan pemuliaan. Akhlaq semacam ini tidak dapat digapai, kecuali oleh orang-orang yang baik dan mulia, ulama hebat yang Allah hiasi dengan taqwa, manfaat dan hidayah.

Syaikh terus dalam perjalanannya sedangkan kendali urusan, pengambilan dan pemberian, pengedepanan dan pengakhiran ada di tangannya. Tidak ada sesuatu pasukanpun yang diberangkatkan dan tidak muncul satu pendapatpun dari Muhammad Ibnu Su’ud dan puteranya, yaitu ‘Abdul ‘Aziz, melainkan berasal dari ucapan dan pendapat beliau. Kemudian takala Allah memberikan bagi mereka kemenangan atas Riyadh ~sebagaimana yang akan dijelaskan nanti~ dan wilayah Islam meluas serta perjalanan menjadi aman juga semua kawasan badui dan kota tunduk. Maka Syaikh menjadikan kendali urusan di tangan ‘Abdul ‘Aziz Ibnu Muhammad Ibnu Su’ud. Beliau menyerahkan urusan kaum muslimin dan Baitul Mal kepadanya, beliau melepaskan diri dari sibuk dengannya dan beliau menyibukkan diri dengan ibadah dan pengajaran ilmu. Akan tetapi ‘Abdul ‘Aziz tidak memutuskan suatu urusanpun tanpa menyertakan beliau dan tidak melaksanakannya kecuali dengan izinnya.

Beliau rahimahullah menghidupkan mayoritas malamnya dengan qiyamullail. Beliau shalat tahajjud dan membaca Al-Qur’an. Sikap beliau hati-hati dan penuh pengkajian dalam pelaksanaan berbagai putusan. Hawa nafsu tidak memalingkannya dari syari’at dan permusuhan tidak menghalanginya dari al haq. Beliau memutuskan dengan putusan yang nampak kebenaran ~di hadapan beliau~ di dalamnya. Bila beliau mendapatkan suatu nash dari Kitabullah atau Sunnah Nabi-Nya shallallaahu ‘alaihi wasallam, maka beliau memegangnya dan tidak berpaling darinya, bila tidak, maka beliau merujuk pada Kitab-Kitab Imam yang empat serta beliau mengkajinya dengan penuh kejelian, penelitian dan pembahasan.

Walaupun Allah memberikan limpahan karunia terhadap Baitul Mal dari harta-harta rampasan, akan tetapi beliau rahimahullah zuhud dan menjaga diri, tidak memakan harta itu, kecuali dengan ma’ruf. Beliau adalah orang yang dermawan, tidak pernah menolak orang yang meminta dan beliau tidak meninggalkan sedikitpun harta yang bisa dibagikan di antara ahli warisnya, bahkan justeru beliau memiliki banyak utang yang Allah telah membayarkannya…

Allah Ta’ala telah memilihnya untuk kembali kehadirat-Nya di hari Senin akhir Syawwal 1206 H dalam usia kurang lebih 92 tahun. Semoga Allah Ta’ala merahmatinya dengan rahmat yang luas dan memasukkan beliau ke dalam surga-Nya serta membalas kebaikan atas jasanya bagi Islam dan muslimin, sebagai balasan syari’at Allah yang beliau hidupkan dan Sunnah Rasul-Nya shallallaahu ‘alaihi wasallam yang beliau kembalikan.

Karya tulis beliau di antaranya:

Kitabut Tauhid Fiimaa Yajibu Min Haqqillah ‘Alal ‘Abiid
KItabul Kabaa-ir
Kitab Kasyfusy Syubuhat
Kitab As Sirah Al Mukhtasharah
Kitab As Sirah Al Muthawwalah
Kitab Mukhtashar Al Hadyu An Nabawiy
Kitab Majmuu’ Al Hadits ‘Ala Abwaabul Fiqhi
Kitab Mukhtashar Asy Syarhul Kabir
Kitab Mukhtashar Al Inshaf

Selain kitab-kitab tersebut, beliau juga memiliki banyak risalah, sebagiannya panjang lebar dan yang sebagian lainnya ringkas.

Selesai diterjemahkan
Senin, 3 Jumada Ats Tsaniyyah 1428 H/ 2007 M
Di LP Sukamiskin Bandung UB 30


(KabarDuniaIslam/millahibrahim.wordrpress)

Kematian Yang Kembali Menyadarkan Kita


Belia, muda, maupun tua tidak ada yang tahu, mereka pun bisa merasakan kematian. Setahun yang silam, kita barangkali melihat saudara kita dalam keadaan sehat bugar, ia pun masih muda dan kuat. Namun hari ini ternyata ia telah pergi meninggalkan kita. Kita pun tahu, kita tidak tahu kapan maut menjemput kita. Entah besok, entah lusa, entah kapan. Namun kematian sobat kita, itu sudah cukup sebagai pengingat, penyadar dari kelalaian kita. Bahwa kita pun akan sama dengannya, akan kembali pada Allah. Dunia akan kita tinggalkan di belakang. Dunia hanya sebagai lahan mencari bekal. Alam akhiratlah tempat akhir kita.

Sungguh kematian dari orang sekeliling kita banyak menyadarkan kita. Oleh karenanya, kita diperingatkan untuk banyak-banyak mengingat mati. Dan faedahnya amat banyak. Kami mengutarakan beberapa di antaranya kali ini.

Dianjurkan untuk mengingat mati dan mempersiapkan diri menghadap kematian …

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَكْثِرُوا ذِكْرَ هَاذِمِ اللَّذَّاتِ

“Perbanyaklah mengingat pemutus kelezatan” (HR. An Nasai no. 1824, Tirmidzi no. 2307 dan Ibnu Majah no. 4258 dan Ahmad 2: 292. Hadits ini hasan shahih menurut Syaikh Al Albani).

Yang dimaksud adalah kematian. Kematian disebut haadzim (pemutus) karena ia menjadi pemutus kelezatan dunia.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّهُ قَالَ : كُنْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَجَاءَهُ رَجُلٌ مِنَ الأَنْصَارِ فَسَلَّمَ عَلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- ثُمَّ قَالَ : يَا رَسُولَ اللَّهِ أَىُّ الْمُؤْمِنِينَ أَفْضَلُ قَالَ : « أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا ». قَالَ فَأَىُّ الْمُؤْمِنِينَ أَكْيَسُ قَالَ : « أَكْثَرُهُمْ لِلْمَوْتِ ذِكْرًا وَأَحْسَنُهُمْ لِمَا بَعْدَهُ اسْتِعْدَادًا أُولَئِكَ الأَكْيَاسُ ».

Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata, “Aku pernah bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu seorang Anshor mendatangi beliau, ia memberi salam dan bertanya, “Wahai Rasulullah, mukmin manakah yang paling baik?” Beliau bersabda, “Yang paling baik akhlaknya.” “Lalu mukmin manakah yang paling cerdas?”, ia kembali bertanya. Beliau bersabda, “Yang paling banyak mengingat kematian dan yang paling baik dalam mempersiapkan diri untuk alam berikutnya, itulah mereka yang paling cerdas.” (HR. Ibnu Majah no. 4259. Hasan kata Syaikh Al Albani).

Wahai diri ini yang lalai akan kematian, ingatlah faedah mengingat kematian …

[1] Mengingat kematian adalah termasuk ibadah tersendiri, dengan mengingatnya saja seseorang telah mendapatkan ganjaran karena inilah yang diperintahkan oleh suri tauladan kita, Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

[2] Mengingat kematian membantu kita dalam khusyu’ dalam shalat. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اذكرِ الموتَ فى صلاتِك فإنَّ الرجلَ إذا ذكر الموتَ فى صلاتِهِ فَحَرِىٌّ أن يحسنَ صلاتَه وصلِّ صلاةَ رجلٍ لا يظن أنه يصلى صلاةً غيرَها وإياك وكلَّ أمرٍ يعتذرُ منه

“Ingatlah kematian dalam shalatmu karena jika seseorang mengingat mati dalam shalatnya, maka ia akan memperbagus shalatnya. Shalatlah seperti shalat orang yang tidak menyangka bahwa ia masih punya kesempatan melakukan shalat yang lainnya. Hati-hatilah dengan perkara yang kelak malah engkau meminta udzur (meralatnya) (karena tidak bisa memenuhinya).” (HR. Ad Dailami dalam musnad Al Firdaus. Hadits ini hasan sebagaimana kata Syaikh Al Albani)

[3] Mengingat kematian menjadikan seseorang semakin mempersiapkan diri untuk berjumpa dengan Allah. Karena barangsiapa mengetahui bahwa ia akan menjadi mayit kelak, ia pasti akan berjumpa dengan Allah. Jika tahu bahwa ia akan berjumpa Allah kelak padahal ia akan ditanya tentang amalnya didunia, maka ia pasti akan mempersiapkan jawaban.

[4] Mengingat kematian akan membuat seseorang memperbaiki hidupnya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أكثروا ذكر هَاذِمِ اللَّذَّاتِ فإنه ما ذكره أحد فى ضيق من العيش إلا وسعه عليه ولا فى سعة إلا ضيقه عليه

“Perbanyaklah banyak mengingat pemutus kelezatan (yaitu kematian) karena jika seseorang mengingatnya saat kehidupannya sempit, maka ia akan merasa lapang dan jika seseorang mengingatnya saat kehiupannya lapang, maka ia tidak akan tertipu dengan dunia (sehingga lalai akan akhirat).” (HR. Ibnu Hibban dan Al Baihaqi, dinyatakan hasan oleh Syaikh Al Albani).

[5] Mengingat kematian membuat kita tidak berlaku zholim. Allah Ta’ala berfirman,

أَلَا يَظُنُّ أُولَئِكَ أَنَّهُمْ مَبْعُوثُونَ

“Tidaklah orang-orang itu menyangka, bahwa sesungguhnya mereka akan dibangkitkan.” (QS. Al Muthoffifin: 4). Ayat ini dimaksudkan untuk orang-orang yang berlaku zholim dengan berbuat curang ketika menakar. Seandainya mereka tahu bahwa besok ada hari berbangkit dan akan dihisab satu per satu, tentu mereka tidak akan berbuat zholim seperti itu.

Nasehat ulama ….

Abu Darda’ berkata, “Jika mengingat mati, maka anggaplah dirimu akan seperti orang-orang yang telah meninggalkanmu”

Yang menakjubkan pula dari Ar Rabi’ bin Khutsaim …

Ia pernah menggali kubur di rumahnya. Jika dirinya dalam kotor (penuh dosa), ia bergegas memasuki lubang tersebut, berbaring dan berdiam di sana. Lalu ia membaca firman Allah Ta’ala,

رَبِّ ارْجِعُونِ لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ

“(Ketika datang kematian pada seseorang, lalu ia berkata): Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia) agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan.” (QS. Al Mu’minuun: 99-100). Ia pun terus mengulanginya dan ia berkata pada dirinya, “Wahai Rabi’, mungkinkah engkau kembali (jika telah mati)! Beramallah …”

Ketahuilah saudaraku, bahwa tauhid yang bersih merupakan kunci untuk meraih ampunan. Namun, hal ini tidaklah sesederhana dan semudah yang dibayangkan oleh kebanyakan orang.

Meninggal di atas tauhid yang bersih merupakan syarat mendapatkan ampunan dosa. Dalam hal ini terdapat perincian sebagai berikut:

[1] Orang yang meninggal dalam keadaan melakukan syirik besar atau tidak bertaubat darinya maka dia pasti masuk neraka.

[2] Orang yang meninggal dalam keadaan bersih dari syirik besar namun masih terkotori dengan syirik kecil sementara kebaikan-kebaikannya ternyata lebih berat daripada timbangan keburukannya maka dia pasti masuk surga.

[3] Orang yang meninggal dalam keadaan bersih dari syirik besar namun masih memiliki syirik kecil sedangkan keburukan/dosanya justru lebih berat dalam timbangan maka orang itu berhak masuk neraka namun tidak kekal di sana (lihat al-Jadid fi Syarh Kitab at-Tauhid, hal. 44)

Dari Anas bin Malik radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Allah ta’ala berfirman, “Wahai anak Adam! Seandainya kamu datang kepada-Ku dengan membawa dosa hampir sepenuh isi bumi lalu kamu menemui-Ku dalam keadaan tidak mempersekutukan-Ku dengan sesuatu apapun, niscaya Aku pun akan mendatangimu dengan ampunan sebesar itu pula.” (HR. Tirmidzi, dan dia menghasankannya)

Hadits yang agung ini menunjukkan bahwa tauhid merupakan syarat untuk bisa meraih ampunan Allah ta’ala. Syaikh Abdurrahman bin Hasan rahimahullah berkata mengomentari hal ini, “Ini adalah syarat yang berat untuk bisa mendapatkan janji itu yaitu curahan ampunan. Syaratnya adalah harus bersih dari kesyirikan, banyak maupun sedikit. Sementara tidak ada yang bisa selamat/bersih darinya kecuali orang yang diselamatkan oleh Allah ta’ala. Itulah hati yang selamat sebagaimana yang difirmankan oleh Allah ta’ala (yang artinya), “Pada hari ketika tidak lagi bermanfaat harta dan keturunan kecuali bagi orang yang menghadap Allah dengan hati yang selamat.” (QS. asy-Syu’ara: 88-89).” (Fath al-Majid bi Syarh Kitab at-Tauhid, hal. 53-54)

Namun -sebagaimana sudah disinggung di atas- keutamaan ini hanya akan bisa diperoleh bagi orang yang bersih tauhidnya. Imam Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan,

“…Seandainya ada seorang yang bertauhid dan sama sekali tidak mempersekutukan Allah dengan sesuatupun berjumpa dengan Allah dengan membawa dosa hampir seisi bumi, maka Allah pun akan menemuinya dengan ampunan sepenuh itu pula. Namun hal itu tidak akan bisa diperoleh bagi orang yang cacat tauhidnya. Karena sesungguhnya tauhid yang murni yaitu yang tidak tercemari oleh kesyirikan apapun maka ia tidak akan menyisakan lagi dosa. Karena ketauhidan semacam itu telah memadukan antara kecintaan kepada Allah, pemuliaan dan pengagungan kepada-Nya serta rasa takut dan harap kepada-Nya semata, yang hal itu menyebabkan tercucinya dosa-dosa, meskipun dosanya hampir memenuhi isi bumi. Najis yang datang sekedar menodai, sedangkan faktor yang menolaknya sangat kuat.” (Dinukil dari Fath al-Majid bi Syarh Kitab at-Tauhid, hal. 54-55)

Hadits di atas juga mengandung keterangan bahwa kandungan makna la ilaha illallah yang bisa lebih berat timbangannya daripada semua makhluk dan semua dosa. Kandungan maknanya yaitu wajib meninggalkan syirik dalam jumlah banyak maupun sedikit. Hal itu pasti membuahkan ketauhidan yang sempurna. Tidak mungkin bisa bersih dari syirik kecuali bagi orang yang benar-benar merealisasikan tauhidnya serta mewujudkan konsekuensi dari kalimat ikhlas (syahadat) yang berupa ilmu, keyakinan, kejujuran, keikhlasan, rasa cinta, menerima, tunduk patuh dan lain sebagainya yang menjadi konsekuensi kalimat yang agung itu (lihat Qurrat al-’Uyun al-Muwahhidin, hal. 22).

Syaikh Abdul Aziz bin Bazz rahimahullah berkata, “Barangsiapa yang mengucapkannya -la ilaha illallah- dengan penuh keikhlasan dan kejujuran maka dia tidak akan terus-menerus berkubang dalam kemaksiatan-kemaksiatan. Karena keimanan dan keikhlasannya yang sempurna menghalangi dirinya dari terus-menerus berkubang dalam maksiat. Oleh sebab itu dia akan bisa masuk surga sejak awal bersama dengan rombongan orang-orang yang langsung masuk surga.” (Syarh Kitab at-Tauhid, hal. 21)

Hadits di atas juga menunjukkan bahwa tauhid tidak cukup di lisan. Namun tauhid juga menuntut seorang hamba untuk menunaikan kewajiban serta meninggalkan kemaksiatan. Syaikh Abdul Aziz bin Bazz rahimahullah menerangkan bahwa barangsiapa yang mempersaksikannya -kalimat tauhid- namun dia mencemarinya dengan perbuatan dosa dan kemaksiatan, atau dia sekedar mengucapkannya dengan lisan sementara hati atau amalannya berbuat syirik seperti halnya orang-orang munafik maka orang semacam ini ucapan syahadatnya tidak bermanfaat. Akan tetapi yang semestinya dia lakukan adalah mengucapkannya kemudian meyakininya dengan kuat, melaksanakan perintah-perintah dan meninggalkan larangan-larangan serta mengikuti tuntunan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam (lihat Syarh Kitab at-Tauhid, hal. 20).

Syaikh Abdul Aziz bin Bazz rahimahullah juga berkata, “Barangsiapa yang meninggalkan kewajiban atau melakukan perkara yang dilarang maka itu berarti dia telah berani menawarkan dirinya untuk menerima hukuman Allah ta’ala meskipun dia mengucapkan kalimat ini dan meyakininya. Apabila dia melakukan sesuatu yang membatalkan keislamannya maka berubahlah dia menjadi orang yang murtad dan kafir. Syahadat ini tidak lagi bermanfaat untuknya. Oleh sebab itu kalimat ini harus diwujudkan dalam kenyataan dan mengamalkan konsekuensi-konsekuensinya, kalau tidak demikian maka dia berada dalam bahaya besar seandainya dia tidak kunjung bertaubat.” (Syarh Kitab at-Tauhid, hal. 26).

Nas’alullahat taufiq was salamah…

Sumber bacaan: Ahkamul Janaiz Fiqhu Tajhizul Mayyit, Kholid Hannuw, terbitan Dar Al ‘Alamiyah, cetakan pertama, 1432 H, hal. 9-13

(KabarDuniaIslam/dbs)

Lihatlah Siapa Temanmu


Dari Abu Musa Al-Asy’ariy radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالسَّوْءِ كَحَامِلِ الْمِسْكِ وَنَافِخِ الْكِيرِ ، فَحَامِلُ الْمِسْكِ إِمَّا أَنْ يُحْذِيَكَ ، وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيحًا طَيِّبَةً ، وَنَافِخُ الْكِيرِ إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ رِيحًا خَبِيثَة

“Permisalan teman duduk yang shalih dan buruk adalah seperti penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. Adapun penjual minyak wangi, bisa jadi ia akan memberimu minyak wangi, atau kamu akan membeli darinya atau kamu akan mendapat bau harum darinya. Adapun tukang pandai besi, bisa jadi ia akan membuat pakaianmu terbakar, atau kamu akan mendapat bau yang tidak sedap darinya.” (HR. Bukhari No. 2101, Muslim No. 2628)

Wahai saudaraku, demikianlah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan petunjuk kepada kita agar senantiasa memilih teman-teman yang shalih dan waspada dari teman-teman yang buruk. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan contoh dengan dua permisalan ini dalam rangka menjelaskan bahwa seorang teman yang shalih akan memberikan manfaat bagi kita di setiap saat kita bersamanya. Sebagaimana penjual minyak wangi yang akan memberikan manfaat bagi kita, berupa pemberian minyak wangi, atau minimal jika kita duduk bersamanya, kita akan mencium bau wangi.

Manfaat Berteman dengan Orang yang Shalih
------------------------------------------------------------
Berteman dengan teman yang shalih, duduk-duduk bersamanya, bergaul dengannya, mempunyai keutamaan yang lebih banyak dari pada keutamaan duduk dengan penjual minyak wangi. Karena duduk dengan orang shalih bisa jadi dia akan mengajari kita sesuatu yang bermanfaat untuk agama dan dunia kita serta memberikan nashihat-nashihat yang bermanfaat bagi kita. Atau dia akan memberikan peringatan kepada kita agar menghindari perkara-perkara yang membahayakan kita.

Teman yang shalih senantiasa mendorong kita untuk melakukan ketaatan kepada Allah, berbakti kepada orang tua, menyambung tali silaturrahim, dan mengajak kita untuk senantiasa berakhlak mulia, baik dengan perkataannya, perbuatannya, ataupun dengan sikapnya. Sesungguhnya seseorang akan mengikuti sahabat atau teman duduknya, dalam hal tabiat dan perilaku. Keduanya saling terikat satu sama lain dalam kebaikan ataupun yang sebaliknya. (Bahjah Quluubil Abrar, 119)

Jika kita tidak mendapat manfaat di atas, minimal masih ada manfaat yang bisa kita peroleh ketika berteman dengan orang yang shalih, yaitu kita akan tercegah dari perbuatan-perbuatan jelek dan maksiat. Teman yang shalih akan selalu menjaga persahabatan, senantiasa mengajak berlomba-lomba dalam kebaikan, berusaha menghilangkan keburukan. Dia juga akan menjaga rahasia kita, baik ketika kita bersamanya maupun tidak. Dia akan memberikan manfaat kepada kita berupa kecintaannya dan doanya pada kita, baik kita masih hidup maupun setelah mati. (Bahjatu Quluubil Abrar, 119)

Wahai saudaraku, sungguh manfaat berteman dengan orang yang shalih tidak terhitung banyaknya. Dan begitulah seseorang, akan dinilai sesuai dengan siapakah yang menjadi teman dekatnya, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

المرء على دين خليله فلينظر أحدكم من يخالل

“Seseorang itu menurut agama teman dekatnya, maka hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Silsilah Ash-Shahihah, no. 927)

Bahaya Teman yang Buruk
-----------------------------------------
Jika berteman dengan orang yang shalih dapat memberikan manfaat yang sangat banyak, maka berteman dengan teman yang buruk memberikan akibat yang sebaliknya. Orang yang bersifat jelek dapat mendatangkan bahaya bagi orang yang berteman dengannya, dapat mendatangkan keburukan bagi orang yang bergaul bersamanya. Sungguh betapa banyak kaum yang hancur karena sebab keburukan-keburukan mereka, dan betapa banyak orang yang mengikuti sahabat-sahabat mereka menuju kehancuran, baik sadar ataupun tidak sadar. (Bahjatu Qulubil Abrar, 120)

Oleh karena itulah, sungguh di antara nikmat Allah yang paling besar bagi seorang hamba yang beriman adalah Allah memberinya taufiq berupa teman yang baik. Sebaliknya, di antara ujian bagi seorang hamba adalah Allah mengujinya dengan teman yang buruk. (Bahjah Qulubil Abrar, 120)

Berteman dengan orang shalih akan memperoleh ilmu yang bermanfaat, akhlak yang utama dan amal yang shalih. Adapun berteman dengan orang yang buruk akan mencegahnya dari hal itu semua.

Jangan Sampai Menyesal
---------------------------------------
Allah Ta’ala berfirman

وَيَوْمَ يَعَضُّ الظَّالِمُ عَلَى يَدَيْهِ يَقُولُ يَا لَيْتَنِي اتَّخَذْتُ مَعَ الرَّسُولِ سَبِيلًا ( ) يَا وَيْلَتَى لَيْتَنِي لَمْ أَتَّخِذْ فُلَانًا خَلِيلًا ( ) لَقَدْ أَضَلَّنِي عَنِ الذِّكْرِ بَعْدَ إِذْ جَاءَنِي وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِلْإِنْسَانِ خَذُولًا

“Dan (ingatlah) hari (ketika itu) orang yang dzalim menggigit dua tangannya, seraya berkata: “Aduhai kiranya (dulu) aku mengambil jalan bersama-sama Rasul. Kecelakaan besarlah bagiku; kiranya aku (dulu) tidak menjadikan sifulan itu teman akrab(ku). Sesungguhnya dia telah menyesatkan aku dari Al Quran ketika Al Quran itu telah datang kepadaku. Dan adalah syaitan itu tidak mau menolong manusia.” (QS. Al Furqan: 27-29).

Sebagaimana yang sudah masyhur di kalangan ulama ahli tafsir, yang dimaksud dengan orang yang dzalim dalam ayat ini adalah ‘Uqbah bin Abi Mu’ith, sedangkan si fulan yang telah menyesatkannya dari petunjuk Al Qur’an adalah Umayyah bin Khalaf atau saudaranya Ubay bin Khalaf. Akan tetapi secara umum, ayat ini juga berlaku bagi setiap orang yang dzalim yang telah memilih mengikuti shahabatnya untuk kembali kepada kekafiran setelah datang kepadanya hidayah Islam. Sampai akhirnya dia mati dalam keadaan kafir sebagaimana yang terjadi pada ‘Uqbah bin Abi Mu’ith. (Adhwa’ul Bayan, 6/45)

Begitulah Allah Ta’ala telah menjelaskan betapa besarnya pengaruh seorang teman dekat bagi seseorang, hingga seseorang dapat kembali kepada kekafiran setelah dia mendapatkan hidayah islam disebabkan pengaruh teman yang buruk. Oleh karena itulah sudah sepantasnya setiap dari kita waspada dari teman-teman yang mempunyai perangai buruk.

Penutup
-------------
Wahai saudara-saudaraku, ingin ku kutipkan sedikit nasihat yang semoga bermanfaat untukku maupun untuk dirimu. Nashihat ini berasal dari seorang ulama bernama Ibnu Qudamah Al Maqdisiy:

“Ketahuilah, Sungguh tidaklah pantas seseorang menjadikan semua orang sebagai temannya. Akan tetapi sepantasnya dia memilih orang yang bisa dijadikan sebagai teman, baik dari segi sifatnya, perangainya, ataupun apa saja yang bisa menimbulkan keinginan untuk berteman dengannya. Sifat ataupun perangai tersebut hendaknya sesuai dengan manfaat yang dicari dari hubungan pertemanan. Ada orang yang berteman karena tujuan dunia, seperti karena ingin memanfaatkan harta, kedudukan ataupun hanya sekedar bersenang-senang bersama dan ngobrol bersama, akan tetapi hal ini bukanlah tujuan kita. Ada pula orang yang berteman untuk tujuan agama, dalam hal ini terdapat pula tujuan yang berbeda-beda.

Di antara mereka ada yang bertujuan dapat memanfaatkan ilmu dan amalnya, ada pula yang ingin mengambil manfaat dari hartanya, dengan tercukupinya kebutuhan ketika berada dalam kesempitan. Secara umum, kesimpulan orang yang bisa dijadikan sebagai teman hendaknya dia mempunyai lima kriteria berikut: Berakal (cerdas), berakhlak baik, tidak fasiq, bukan ahli bid’ah dan tidak rakus terhadap dunia.

Kecerdasan merupakan modal utama. Tidak ada kebaikan berteman dengan orang yang dungu, karena orang yang dungu terkadang dia ingin menolongmu tapi justru dia malah mencelakakanmu. Akhlak baik, hal ini juga sebuah keharusan. Karena terkadang orang yang cerdas jika ia sedang marah dan emosi dapat dikuasai oleh hawa nafsunya. Maka tidaklah baik berteman dengan orang yang cerdas tapi tidak berakhlak. Sedangkan orang yang fasiq, dia tidaklah mempunyai rasa takut kepada Allah. Dan orang yang tidak mempunyai rasa takut kepada Allah, kamu tidak akan selamat dari tipu dayanya, disamping dia juga tidak dapat dipercaya. Adapun ahli bid’ah, dikhawatirkan dia akan mempengaruhimu dengan jeleknya kebid’ahannya. (Mukhtashor Minhajul Qashidin, 2/ 36-37)

Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat untukku dan untukmu saudaraku…

آمِيْن يَا مُجِيْبَ السَّائِلِيْنَ …

***

Rujukan:

- Bahjatu Qulubil Abrar, syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As-Sa’diy, Maktabah Al Imam Al Wadi’iy, Shan’aa

- Adhwa’ul Bayan, Muhammad Al Amin Asy-Syinqithi, Darul-Fikr lith-thoba’ah wan-nasyr wat-tauzi’, Beirut (Maktabah Asy-Syamilah)

- Mukhtashor minhajul Qashidin, Ibnu Qudamah Al Maqdisiy. (Maktabah Asy-Syamilah)


(KabarDuniaIslam/dbs)

Muslim Irlandia : AS Harusnya Bersyukur Tidak Banyak Korban dalam Bom Boston


IRLANDIA (KabarDuniaIslam) - Seorang muslim dari Irlandia yang pernah mengancam membunuh Presiden Amerika Serikat Barack Obama, menolak mengutuk pelaku bom Boston dan menyatakan bahwa pelaku telah memberi Amerika "obat dengan cita rasa mereka sendiri" (yang berarti memberikan perlakuan yang sama terhadap orang yang sering melakukan hal tersebut agar merasakan akibat dari perilakunya sendiri).

Hal ini diungkap Khalid Kelly (46 tahun), seorang mualaf dari Dublin, Irlandia, saat diwawancara harian the Irish Sun.

Dalam wawancara tersebut, Khalid menolak mengutuk pelaku bom Boston yang berasal dari Chechnya, Tamerlan dan Dzhokhar Tsarnaev, yang telah menewaskan 3 orang tersebut.

Taliban Terry, julukan untuk Khalid, menyatakan dia tidak terkejut serangan itu terjadi di tanah AS, serangan paling mematikan paska serangan barokah 9/11.

Khalid menambahkan, seharusnya rakyat Amerika bersyukur tidak lebih banyak korban dari bom Boston.

"Ribuan kaum muslimin dibantai setiap hari di Suriah hingga Afghanistan. Mereka dibantai melalui tangan-tangan orang Amerika sendiri, sekutunya dan tentara boneka. Dan tidak ada yang mencetuskan momen peringatan untuk mereka. Mana air mata untuk para korban?"

"Tiga orang terbunuh akibat bom Boston dan mereka menciptakan hari peringatan untuk ketiganya. Rakyat Amerika harus tahu ada ribuan ummat Muslim yang mereka bantai di seluruh dunia," lanjut Khalid.

"Ini medan perang, dan rakyat Amerika harus bersyukur tidak lebih banyak korban yang jatuh." Dikenal sebagai Terence Kelly, mualaf ini mengingatkan akan ada lebih banyak serangan di tanah Amerika.

"Syeikh Usamah bin Laden -rahimahulah- telah memberikan peringatan bahwa hingga tentara terakhir kalian meninggalkan tanah kaum Muslimin, kalian tidak akan merasa aman bahkan dalam sehari. Kata-kata Syeikh Usamah telah menjadi kenyataan sekarang," lanjut Khalid.

"Rakyat Amerika merasa khawatir setiap saat, dan mereka memang harus merasa cemas. Selama mereka membunuh, maka mereka akan dibunuh.

Khalid Kelly menjadi mualaf saat di penjara di Saudi Arabia karena kasus penyulingan dan penjualan alkohol.

Pernah mendapat pelatihan dengan suku pejuang selama di Pakistan, Khalid memiliki niat untuk berjihad di Afghanistan. Namun polisi Irlandia menahannya pada May 2011 hanya karena wawancara dengan sebuah harian dimana Khalid menyatakan bahwa Al Qaeda telah memilih Irlandia sebagai tempat yang tepat untuk melancarkan serangan bagi Obama. Namun Khalid menolak pernah memberikan pernyataan tersebut. Khalid menegaskan Irlandia bukan target Al Qaeda.

Khalid juga membandingkan serangan barokah 9/11 dengan pemimpin pemberontak Irlandia, Michael Collins. "Dalam sebuah siaran tv, Late Late Show, beberapa tahun lalu Michael Collins dianggap sebagai pahlawan. Namun 100 yang tahun lalu ia dianggap teroris," ungkap Khalid.

"Setelahnya, IRA (dinas intelejen Irlandia) mengungkapkan akan memiliki dampak yang lebih besar bagi kerajaan Inggris jika Irlandia melakukan pengeboman di tanah Inggris. Dan kenyataannya memang seperti itu. Mereka ke London dan sangat efektif," lanjut Khalid.

"Saya kira hal itu yang terjadi saat ini. Kalian, orang-orang kafir, menginvasi rumah kami dan melancarkan serangan untuk membantai ummat Muslim," jelas Khalid.

"Jika ummat Muslim dilarang pergi berjihad, apa yang dapat mereka lakukan untuk membela kehormatan ummat? Mereka akan memerangi musuh-musuh Islam dimana saja mereka menjumpainya."

"Benar atau salah, saya tidak tahu. Namun saya katakan satu hal, di Amerika dimana orang dapat dengan mudah memiliki senjata, cukup mengejutkan hal itu tidak terjadi setiap minggu."

Di lain pihak, Khalid memuji mereka yang mendukung pembunuhan kartunis berkebangsaan Denmark oleh ummat Muslim yang marah dan yang mengatakan "Bunuh mereka yang menghina Rasulullah."

Terhadap Obama, Khalid berpesan "Secara pribadi, saya sangat senang jika Obama dibunuh. Siapa yang tidak merasa gemb