Saturday, August 3, 2013

GEREJA MOUNT ZION DI INGRRIS BERUBAH FUNGSI MENJADI MASJID


Islamedia - Satu lagi gereja yang beralih fungsi menjadi masjid di Inggris. Kali ini adalah Gereja Mount Zion di wilayah Clitheroe, Lancashire, Inggris.

Gereja ini sudah lama tidak terpakai. Sedangkan umat muslim banyak yang membutuhkan sarana untuk beribadah. Maka setelah diperjuangkan dan sempat mendapat tentangan dari banyak pihak, Gereja itu kini beralih fungsi menjadi masjid.

Gereja Mount Zion adalah gereja paling terkenal di Clitheroe dan sempat tampil dalam lukisan berjudul A Street in Clitheroe karya seniman kenamaan, Laurence Stephen Lowry.

Selama 14 tahun gereja ini ditutup dan berubah fungsi menjadi toko amunisi, pabrik kotak logam dan garmen. Dan pada tahun 2006, gereja ini mulai diperjuangkan menjadi masjid sebagai sarana beribadah sekitar 300 jiwa muslm di wilayah itu.

Yang paling menonjol menentang rencana pengalih-fungsian ini adalah pihak partai sayap kanan, Partai Nasionalis Inggris yang terkenal rasis. Namun pada akhirnya gereja itu berhasil diubah menjadi masjid.

"Dukungan dari beberapa wilayah sangat baik. Kami mendapat reaksi positif dari kelompok antar-keyakinan. Dan masyarakat atheis juga berada di balik proyek ini," ujar Ketua Pusat Pendidikan Islam Media di Lancashire, Farouk Hussain, seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (31/7/2013).

Dukungan juga datang dari Kanselir Clitheroe, Jim Shervey. Dia bilang, warga Muslim berhak beribadah di mana pun. Pertentangan sudah berhasil diselesaikan.

"Gedung ini dipakai untuk kepentingan positif. Dan jelas lebih baik digunakan daripada kosong tak terpakai," kata Jim.

Kini 7 tahun telah berlalu. Proses konversi gedung tersebut sudah menginjak tahap akhir. Tinggal dipasang pemanas, lampu, dekorasi dalam, pintu dan jendela. Dana pun masih dikumpulkan.(dailymail/lip6) 

No comments:

Post a Comment