Wednesday, August 8, 2012

GEREJA MAKIN TAK POPULER DI CEKO

Sebuah survei yang diselenggarakan STEM (Center of Empirical Research) Institute di Ceko sejak awal tahun kemarin menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat Ceko berpendapat bahwa gereja bukan lagi institusi yang berguna.

Hasil survei selama setahun yang dirilis pada Rabu (28/12) menunjukkan, 60 persen responden menyatakan tidak memerlukan institusi gereja, hanya 40 persen responden yang menyatakan masih memandnag gereja sebagai institusi yang bermanfaat, angka itu turun dibandingkan survei tahun 2010 yang prosentasenya mencapai 42 persen.


Dari prosentase responden yang menyatakan gereja bukan lagi institusi yang berguna, sepertiganya menyatakan bahwa gereja secara keseluruhan sama sekali tidak berguna. Selebihnya mengatakan "gereja tidak terlalu berguna".

Dari prosentase responden yang memandang gereja masih berguna, hanya 9 persen yang meyakini seluruhnya bahwa gereja masih dibutuhkan, dan 31 persen menyatakan "gereja masih agak dibutuhkan".

"Mereka yang percaya pada Tuhan dan yang mengklaim gereja masih sangat dibutuhkan adalah penganut Katolik Roma pada umumnya," kata STEM.

Berdasarkan sensus tahun 2001, 59 persen rakyat Ceko adalah agnostik, atheis dan tidak menganut agama apapun. Sementara penganut Katolik Roma hanya 26,8 persen dan Protestan 2,5 persen.

Dari tahun 1991-2001, penduduk Ceko yang tidak menganut agama meningkat 19,1 persen dari 10 juta lebih jumlah total populasi di negeri itu. (ln/PDaily Monitor/eramuslim)

No comments:

Post a Comment